Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak

Singgih Catur Pambudi
PENGARUH PENCAMPURAN LUMPUR TINJA TERHADAP LAMANYA WAKTU PADA PENGOMPOSAN SAMPAH ORGANIK DI KOTA PURWOKERTO TAHUN 2008
XV + 56 halaman : Lampiran, tabel, gambar

Sampah menjadi masalah yang penting untuk kota yang padat penduduknya karena volume sampah yang sangat besar melebihi kapasitas lahan TPA. Upaya untuk membantu mengatasi permasalahan sampah di TPA Gunung Tugel Purwokerto maka perlu adanya peningkatan pengelolaan sampah yang efektif yaitu dengan pengomposan. Proses pengomposan dapat mereduksi sampah lebih dari 60%. Tujuan penelitian dilakukan untuk mencari komposisi optimal campuran antara sampah organik dengan lumpur tinja, mengetahui kandungan unsur hara makro bahan dan kompos matang (C,N,P,K), mencari pengaruh penambahan lumpur tinja dengan sampah organik terhadap lamanya waktu pengomposan.
Metode yang digunakan adalah eksperimental sesungguhnya dengan desain rancangan eksperimen sederhana. Pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan dan pemeriksaan.
Pengomposan dilakukan dengan rasio pencampuran sampah : lumpur tinja (kg/kg) = (10:0,10:1,10:2,10:3,10:4,10:5), metode pengomposan yang digunakan adalah open windrow.
Hasil yang diperoleh adalah laju kematangan tercepat menurut SNI 19-7030-2004 yaitu pada variasi 10:3(14 hari) dan komposisi unsur hara makro yang optimal menurut SNI 19-7030-2004 adalah 10:5.
Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh pencampuran lumpur tinja dengan sampah organik terhadap lamanya waktu pengomposan yaitu lamanya waktu pengomposan tercepat ada pada variasi 3 dengan komposisi 10:3 sedangkan komposisi unsur hara makro yang optimal adalah 10:5.
Saran penulis adalah perlu adanya pemisahan sampah organik dengan sampah non organik pada timbulan awal untuk mempermudah proses pengomposan dan untuk masyarakat dalam mengurangi timbulan sampah di TPA Gunung Tugel Purwokerto dapat dilakukan dengan pengomposan.
.
Daftar bacaan : 9 (1983-2003)
Kata kunci      : Kompos, Sampah organik, Lumpur tinja
Klasifikasi      :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar