Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007



Abstrak
Sri Hartini
STUDI KORELASI ASPEK FISIOLOGIS RUMAH DENGAN KASUS ISPA PADA BALITA DI ASRAMA POLRI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2007
XIV + 60 Halaman : gambar, tabel, lampiran

Lingkungan yang paling dekat dengan manusia adalah rumah sehingga perumahan yang tidak sehat akan membahayakan manusia. Aspek fisiologis rumah yang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kejadian penyakit ISPA. Berdasarkan hal tersebut penelitian dilakukan di asrama Polri Kabupaten Cilacap yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan aspek fisiologis rumah dengan kasus ISPA pada balita di asrama tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan analisis inferensial dan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penlitian ini adalah semua balita di asrama Polri Kabupaten Cilacap sejumlah 31 balita. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square dan Ratio Prevalence.
Hasil penelitian didapat dari analisis dengan menggunakan uji Chi-Square dan Ratio Prevalence dengan program SPSS 10.0 diperoleh nilai Asymp.Sig pencahayaan 1,00 dengan nilai RP 0,98, Asymp. Sig kelembaban 0,746 dengan nilai RP 0,83 dan Asymp. Sig suhu 0,099 dengan nilai RP 1,57.Dengan nilai α = 0,05,berarti secara umum tidak ada hubungan pencahayaan, kelembaban dan suhu pada rumah dengan kasus ISPA pada balita di asrama Polri Kabupaten Cilacap, hanya faktor kelembaban ruang keluarga yang menunjukkan hubungan yang signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari aspek fisiologis rumah yang diteliti yang berhubungan dengan kasus ISPA pada balita di asrama Polri Kabupaten Cilacap adalah kelembaban ruang keluarga. Penulis menyarankan untuk dilakukan pengurangan kelembaban dengan cara membuka jendela dan lubang pencahayaan dari atap agar sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam rumah.

Dafatar bacaan : 16 (1979-2006)
Kata kunci        : Aspek fisiologis rumah, ISPA
Klasifikasi        : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar