Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007

Abstrak
Kukuh Setya Pambudi
STUDI KANDUNGAN BAKTERI Coliform DAN SANITASI PERALATAN ES CAMPUR PADA PEDAGANG KAKI LIMA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEMBARAN TAHUN 2007
xii + 38 halaman : lampiran

Makanan dan minuman jajanan dewasa ini berkembang pesat sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan makanan dan minuman yang murah, mudah diperoleh dan digemari oleh sebagian besar masyarakat. Biasanya dalam penjualan tidak memperhatikan 6 prinsip sanitasi. Hal ini menimbulkan kasus penyakit dan keracunan di Indonesia semakin banyak. Melihat kondisi yang seperti itu maka peneliti tertarik untuk meneliti es campur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah coliform dan dibandingkan dengan standar yang berlaku apakah memenuhi syarat atau tidak dan mengetahui keadaan sanitasi peralatan yang berada pada penjual es campur tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sample, yaitu peneliti menentukan sendiri besarnya sampel berdasarkan lokasi terdekat dengan kantor Kecamatan Kembaran. Sebanyak 5 penjual es campur yang peneliti lakukan penelitian dari 24 jumlah penjual es campur.
Hasil penelitian menunjukkan jumlah coliform yang berada dalam es campur tersebut sudah melebihi dari standar yang ditentukan yaitu 24 per 100 ml sampel sedangkan standar bakunya 20 per 100 ml sampel (Dirjen POM No. 03726/B/SK/VII/1989). Hasil sanitasi peralatan yang berada pada penjual es campur tersebut semua sudah memenuhi kriteria baik yaitu dengan nilai 87,5%(Baik) dan 75%(Cukup), masih banyak juga penjual yang kurang memperhatikan perilakunya yang tidak menutup toples ketika sudah tidak digunakan.
Disimpulkan bahwa jumlah bakteri coliform pada es campur yang dijual pada 5 sekolah dasar di Kecamatan Kembaran semuanya tidak ada yang memenuhi syarat. Sanitasi peralatan yang digunakan oleh para penjual pada umumnya sudah memenuhi persyaratan kebersihan. Perlu adanya pengawasan yang lebih terhadap penjual es campur.

Daftar bacaan : 13 (1989-2005)
Kata kunci      : Bakteri Coliform
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar