Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan DepKes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2008

ABSTRAK
Anton Widianto
STUDI PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI KAPUR TOHOR TERHADAP PENURUNAN KADAR KESADAHAN AIR SUMUR BOR DI DESA KARANGNANAS KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2008
xi + 47 Halaman, Tabel, Lampiran

Kesadahan air dapat menimbulkan kerugian seperti menyebabkan pengerakan pada peralatan logam untuk memasak, pemakaian sabun menjadi boros, penyumbatan pada pipa logam dan menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan yaitu Cardiovascular disease maupun Urolithiasis. Salah satu metode untuk menurunkan kesadahan adalah dengan pengendapan menggunakan kapur tohor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembubuhan larutan kapur tohor dengan konsentrasi 298 mg/l, 348 mg/l, 398 mg/l, 448 mg/l dan 498 mg/l terhadap penurunan kesadahan air sumur bor.
Jenis penelitian ini adalah Pra Experiment dengan desain The Static Group Comparation. Data diperoleh dari pengamatan, dan pengukuran kemudian diolah dengan editing, coding, saving dan tabulating. Analisis data menggunakan ANOVA.
Rata-rata kesadahan air sumur bor pada pembubuhan kapur tohor dengan konsentrasi 298 mg/l sebesar 57,14 mg/l sebagai CaCO3, pada pembubuhan kapur tohor konsentrasi 348 mg/l sebesar 60,00 mg/l sebagai CaCO3, pada pembubuhan kapur tohor konsentrasi 398 mg/l sebesar 59,29 mg/l sebagai CaCO3, pada pembubuhan kapur tohor konsentrasi 448 mg/l sebesar 59,64 mg/l sebagai CaCO3 dan pada pembubuhan kapur tohor konsentrasi 498 mg/l sebesar 62,50 mg/l sebagai CaCO3. Hasil uji ANOVA nilai Significance = 0,001 < 0,05 (nila รก) sehingga Ho ditolak.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang bermakna dari pembubuhan kapur tohor terhadap penurunan kesadahan air sumur bor. Kepada warga masyarakat yang mempunyai masalah air bersih terutama kesadahan supaya melakuakan penurunan kesadahan dengan kapur tohor yang secara ekonomis lebih murah dan mudah didapatkan. Hendaknya kepada peneliti lain dalam penelitian menggunakan air yang mempunyai kesadahan di atas standar kesehatan dan larutan kapur tohor dengan konsentrasi lebih kecil dari 298 mg/l.

Daftar bacaan : 19 (1975-2007)
Kata kun         : kesadahan, air sumur bor, kapur tohor
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar