Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2008

Abstrak
Ferry Andriana
Studi Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Industri Daur Ulang Plastik Bekas Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun 2008
xv+36 : gambar, tabel, lampiran

Pemakaian alat pelindung diri merupakan salah satu upaya pencegahan preventif dari penyakit dan kecelakan kerja terutama bagi pekerja di Industri Daur Ulang Plasti Bekas yang setiap harinya berhadapan dengan lingkungan kerja . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis alat pelindung diri, penggunaan alat pelindung diri, pada pekerja Industri Daur Ulang Plastik Bekas di Desa Banjarparakan.
Jenis penelitian ini adalah diskritif yang bertujuan hanya untuk menggambarkan keadaan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja industri daur ulang plastik. Subyek penelitian adalah pekerja industri daur ulang plastik bekas. Sampel sejumlah 42 responden dan cara pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi dengan menggunakan kuesioner kepada responden dan ceklist. Jumlah pekerjaan, jenis pekerja, tingkat pendidikan, pengawasan. Jenis alat pelindung diri yang ada yaitu masker 14,51%, tutup kepala 28,22%, sepatu boot 8,06% sarung tangan 15,32% dan pakaian kerja 33,87%. Jenis alat pelindung diri yang ada tidak semua pekerja memakai alat pelindung diri.
Faktor yang mempengaruhi penggunaan alat pelindung diri adalah pihak pengusaha dalam menyediakan alat pelindung diri, tingkat pendapatan, umur, dan tingkat pendidikan. Jenis alat pelindung diri yang ada adalah sarung tangan, masker, topi pengaman, pakaian kerja, sepatu boot. Tingkat pemakaian alat pelindung diri yang ada pada Industri Daur Ulang Plastik sudah cukup baik. Disarankan kepada pengusaha untuk menyediakan alat pelindung diri bagi pekerjanya.

Daftar bacaan : 5 (1994-2006)
Kata Kunci     : Penggunaan APD, Industri
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar