Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak
Asih Sugiarti
STUDI KANDUNGAN BAKTERI Coliform PADA ES TEH YANG DIJUAL PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN PURWOKERTO TAHUN 2008
xiii + 88 hal : gambar, tabel, lampiran

Salah satu yang mempengaruhi terhadap peningkatan derajat masyarakat adalah penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan, keadaan ini berkaitan dengan minuman yang disediakan oleh pedagang kaki lima termasuk pedagang makanan dan minuman yang menjual es teh di sekitar Alun-alun Purwokerto. Pengelolaan es teh yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan maupun pencemaran mikroorganisme, khususnya bakteri Coliform yang dapat terjadi mulai dari penyediaan bahan, penyimpanan bahan, pengolahan bahan, pengangutan minuman dan penyajian minuman yang dapat menimbulkan penyakit bagi konsumen khususnya pada pengunjung Alun-alun Purwokerto terutama penyakit saluran pencernaan.
Penelitian ini merupakan peneliti deskriptif untuk memperoleh gambaran nyata tentang kualitas es teh dilihat dari adanya kandungan bakteri Coliform pada masing-masing sampel. Jumlah kandungan bakteri Coliform pada masing-masing sampel adalah sampel es teh yang dijual pedagang kaki lima di Alun-alun Purwokerto dan menggambarkan sanitasi tempat penjualan es teh tersebut.
Hasil inspeksi tempat penjualan dalam kategori baik (76 % - 100 %), kategori cukup (56 % - 75 %), kategori kurang baik (40 % - 55 %) dan kategori tidak baik (< 40 %).
Hasil pemeriksaan laboratorium pada 17 sampel es teh menunjukkan bahwa 88,23 % melebihi standar atau batas maksimum cemaran mikroba yang telah ditentukan. Hasil inspeksi tempat penjualan es teh pada pedagang kaki lima yaitu berkategori baik 84,29 %.
Dengan adanya penelitian ini menjadi tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Banyumas untuk melakukan pemeriksaan pada makanan dan minuman tersebut serta adanya pengawasan kepada para pedagang kaki lima.

Daftar bacaan : 18 (1989 – 2003)
Kata kunci      : Bakteri Coliform, Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar