Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya tulis ilmiah, Juli 2008

Abstrak
Nenny Kurnia Astuti
STUDI KANDUNGAN FLUORIDA (F) PADA AIR TANAH DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2008
xii + 36 halaman : gambar, tabel, lampiran

Fluorida (F) terdapat dalam air tanah melalui proses alami, karena pencucian batuan dasar atau lapisan tanah fluorida larut dalam air tanah, sedemikian rupa sehingga air sumur gali merupakan sumber fluorida yang cukup tinggi. Akibat dari kekurangan fluorida dapat menyebabkan caries gigi sedangkan kelebihan fluorida dapat menyebabkan fluoresis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan dan perbedaan kandungan fluorida pada berbagai jenis tanah di Kabupaten Purworejo.
Peneliti menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pengukuran kandungan fluorida pada sampel air. Pengolahan data dilakukan dengan editing, coding dan tabulating. Penyajian data dilakukan secara naratif dengan menggunakan tabel dan mangunakan analisis statistik Anova Oneway.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan fluorida pada air tanah di Kabupaten Purworejo berdasarkan hasil analisis statistik Anova Oneway nilai significan (p) 0.770 lebih dari (α) 0,05 sehingga tidak adanya perbedaan antar berbagai jenis tanah latosol, alluvial dan regosol. Kandungan fluorida rata- rata pada jenis tanah latosol 0,20 mg/l, alluvial 0,16 mg/l dan regosol 0,22 mg/l..
Kesimpulan penelitian adalah kandungan fluorida pada air tanah di Kabupaten Purworejo belum melebihi ambang batas maksimum 1,5 mg/l menurut Permenkes RI N0 416 /MENKES/PER/IX/1990 dan maksimum yang diperbolehkan 1,0 mg/l menurut WHO.
Penulis menyarankan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo agar melakukan program penambahan asupan fluorida dengan cara fluoridasi air minum dan penambahan menu makanan yang mengandung fluorida selain penggunaan pasta gigi.

Daftar bacaan    : 21 ( 1982 – 2007 )
Kata kunci         : Kandungan Fluorida ( F ) di tanah
Klasifikasi          : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar