Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak
Sinta Ratna Dewi Yuli Saputri
EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN BABADOTAN (Ageratum conyzoides) TERHADAP KEMATIAN LALAT Musca domestica TAHUN 2008
XVI + 97 halaman, gambar, tabel, lampiran

Dipandang dari sudut kesehatan, kepadatan lalat merupakan masalah yang penting karena lalat merupakan vektor penyakit secara mekanis (Mechanical transmisition). Berbagai macam penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat khususnya lalat rumah (Musca domestica) adalah typhus, para typhus, disentri amuba dll. Adanya bahaya yang ditimbulkan oleh lalat tersebut, maka perlu diadakan suatu pengendalian. Penggunaan insektisida nabati dari ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) merupakan salah satu alternatif untuk pengendalian lalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) terhadap kematian lalat Musca domestica.
Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental (eksperimen sesungguhnya) dengan desain post test only group design (rancangan eksperimen sederhana) dengan memberikan berbagai konsentrasi ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides), yaitu konsentrasi 10 %, 30 %, 50 %, 70 %, dan 90 % pada masing – masing kurungan percobaan yang berisi 25 ekor lalat Musca domestica. Setelah 24 jam dihitung kematian lalat Musca domestica dan replikasi dilakukan sebanyak 3 kali.
Hasil penelitian diketahui rata – rata kematian lalat Musca domestica pada konsentrasi 10 % kematiannya 41 %, konsentrasi 30 % kematiannya 65 %, konsentrasi 50 % kematiannya 75 %, konsentrasi 70 % kematiannya 85 %, dan konsentrasi 90 % kematiannya 93 %. Hasil analisis probit ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) diketahui LC 50 0,17 % dan LC 90 1,04. Hasil uji anova pada pengamatan 24 jam menunjukkan ada perbedaan yang bermakna berbagai konsentrasi ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) terhadap kematian lalat Musca domestica.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) dapat digunakan sebagai insektisida nabati untuk pengendalian lalat. Penulis menyarankan adanya usaha untuk memberantas vektor lalat dengan insektisida nabati khususnya ekstrak daun Babadotan (Ageratum conyzoides) agar tidak terjadi resistensi pada vektor penyakit dan tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Daftar Bacaan : 23 (1985 – 2008)
Kata Kunci     : Lalat, insektisida, ekstrak tanaman
Klasifikasi       :

1 komentar:

  1. assalamualaikum mbak,,

    boleh nanya nggaakk,, konsentrasi 30% itu di dapetin dari pengenceran berapa per berapa??

    tolong langsung dijawab

    terima kasih..^^

    BalasHapus