Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007

Abstrak
Desty Elliana
STUDI KOMPARASI BANYAK JENTIK YANG DIMAKAN IKAN KEPALA TIMAH (Panchax panchax ) ANTARA JENTIK ANOPHELES ACONITUS DAN JENTIK CULEX sp TAHUN 2007
iii + 46 halaman, gambar, tabel, lampiran

Usaha pemberantasan vektor dengan menggunakan insektisida telah dilakukan menimbulkan berbagai masalah seperti resistensi vektor dan pencemaran lingkungan oleh karena itu perlu dilaksanakan pemberantasan vektor nyamuk dengan cara biologik yang lebih ramah lingkungan yaitu melalui predator nyamuk dengan menggunakan ikan pemakan jentik nyamuk antara lain adalah Ikan Kepala Timah.
Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Experimental dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Short Case Study dengan melakukan penelitian dan pengukuran terhadap kemampuan ikan dalam memangsa jentik nyamuk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata suhu air dalam bak percobaan selama 12 jam adalah untuk bak percobaan jentik Anopheles aconitus adalah sebesar 27,4 0C dan bak percobaan jentik Culex sp adalah sebesar 26,9 0C dan rata-rata pH air dalam bak percobaan selama 12 jam untuk bak percobaan Anopheles aconitus 6,7 dan bak percobaan Culex sp 6,5. Berat badan ikan masing-masing seragam yaitu 3 sampai 4 gram dan panjang ikan berkisar antara 5-6 cm. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa ikan kepala timah mempunyai kemampuan memakan jentik nyamuk Anopheles aconitus lebih banyak dari pada jentik nyamuk Culex sp yaitu sebanyak 258 ekor untuk jentik nyamuk Anopheles aconitus sedangkan untuk jentik Culex sp sebanyak 125 ekor selama pengamatan 12 jam. Dari uji statistik dengan uji t-test diperoleh hasil t hitung sebesar 4,08 sedangkam t tabel yaitu 2,776 pada taraf signifikan ( α ) 0,05 dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian ada perbedaan bermakna pada kemampuan ikan kepala timah dalam memakan jentik nyamuk antara jentik Anopheles aconitus dan jentik nyamuk Culex sp.
Dengan melihat hasil diatas penulis menyarankan adanya usaha untuk memberantas vektor nyamuk dengan predator khususnya Ikan Kepala Timah disamping tidak berdampak negatif terhadap lingkungan juga untuk mencegah terjadinya penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.


Daftar Bacaan : 13 ( 1977 – 2001 )
Kata Kunci     : Jentik Nyamuk
Klasifikasi       :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar