Jumat, 05 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006


Abstrak
Damaris Adolfina Tefa
STUDI KANDUNGAN SALMONELLA PADA DAGING AYAM SEGAR YANG DIJUAL DI PASAR SARIMULYO PURWOKERTO TIMUR
TAHUN 2006
Xvi + 68 halaman : table, gambar, lampiran

Daging ayam segar merupakan sumber protein tinggi yang bernilai gizi tinggi yang mudah membusuk dan merupakan pembawa alami bakteri Salmonella, yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Agar daging layak dan aman dikonsumsi, maka perlu adanya tindakan sanitasi dan pengawasan dari proses penyembelihan sampai dengan proses penyajian di pasar. Kondisi sanitasi penjualan 8 pedagang daging ayam segar di pasar Sarimulyo Purwokerto Timur pada tahun 2006 belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan Salmonella pada daging ayam segar yang dijual, kondisi sanitasi tempat penjualan dan untuk membuktikan apakah daging ayam segar yang dijual di pasar Sarimulyo memenuhi surat keputusan Dirjen POM No. 03726/B/SK/VII/89 tentang batas maksimum cemaran mikroba dalam makanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang ada dalam table dan dituangkan dalam bentuk narasi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara pemeriksaan kandungan Salmonella pada daging ayam segar, wawancara dengan pedagang dan observasi dengan chek list.
Hasil penelitian meliputi pengetahuan pedagang, perilaku pedagang, personal hygiene dan kondisi sanitasi peralatan sudah baik, untuk kondisi sanitasi tempat penjualan belum memenuhi syarat sedangkan untuk pemeriksaan kandungan Salmonella pada daging ayam segar dengan menggunakan metode kualitatif pada 8 sampel 100% posetif mengandung Salmonella dan tidak memenuhi persyaratan surat keputusan Dirjen POM No. 03726/B/SK/VII/89.
Daging ayam segar yang dijual di pasar Sarimulyo Purwokerto Timur 100% mengandung Salmonella sehingga tidak memenuhi surat Keputusan Dirjen POM No. 03726/B/SK/VII/89 sedangkan kondisi fisik sanitasi tempat penjualan pasar belum memenuhi syarat, Kepada pihak pasar disarankan agar mengadakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan, mengadakan kerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan air bersih yang dilairkan dengan kran, khususnya untuk tempat cuci daging dan peralatan, perlu adanya pengawasan terhadap daging ayam segar dari proses penyembelihan sampai proses penyajian di pasar dan melakukan perbaikan atau tindakan sanitasi terhadap tempat penjualan.

Daftar bacaan : 15 ( 1978 – 2006 )
Kata kunci      : Kandungan Salmonella
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar