Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak
Singgih Tri Pambudi
STUDI HASIL PENGOLAHAN LINDI TPA DI DESA TRITIH LOR KECAMATAN JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008
xiv +55 halaman, tabel, gambar, lampiran

TPA Tritih Lor adalah tempat pembuangan akhir di Cilacap yang mencangkup daerah pelayanan sebagian wilayah Kota Cilacap yaitu meliputi area dengan luas 4.166,156 Ha. Saat ini TPA Jeruklegi memiliki satu buah instalasi pengolah air lindi, yang hanya terdiri dari enam buah bak pengendap (settling pond). Air hasil pengolahan dialirkan ke saluran irigasi, meskipun terdapat instalasi pengolahan lindi, air hasil pengolahan tersebut masih berwarna hitam pekat dan berbau tidak sedap. Pada musim hujan, enam bak pengolah ini tidak mampu menampung air lindi yang dihasilkan TPA, sehingga mencemari areal sawah penduduk sekitar. Hal ini dikarenakan inlet dari instalasi air lindi yang sudah tidak berfungsi lagi dan air yang masuk merupakan aliran permukaan dari sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sarana pengolahan lindi TPA Tritih Lor, melakukan pemeriksaan kualitas air lindi berupa pemeriksaan COD, pH , suhu dan pengukuran debit.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan crossectional yaitu menggambarkan bagaimana proses pengolahan lindi TPA di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruk Legi Kabupaten Cilacap. Penyajian data dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian yang diperoleh, besar COD rata-rata sebesar 939 mg/l, suhu 25°C, pH 10 dan dengan debit 579.6 ml/s. Sarana-sarana yang terdapat di TPA meliputi: papan penunjuk lokasi, jalan akses ke TPA, jalan operasi primer dan sekunder, kantor TPA, kamar mandi, bangunan komposting, saluran draenase, sel, pipa lindi, kolam pengolah lindi, daerah penyangga, mesin pencacah sampah, excavator, wheel track loader, bulldozer.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Instalasi Pengolahan Lindi TPA Tritih Lor kurang berfungsi secara optimal, yang disebabkan saluran pipa dari TPA menuju bak pengolahan sudah tidak ada, kondisi bangunan yang mengalami banyak kerusakan akibat longsoran sampah sehingga perlu adanya perbaikan instalasi agar air lindi yang dibuang ke badan air telah sesuai dengan standar.

Daftar bacaan : 14 (1984-2005)
Kata kunci      : Limbah
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar