Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak

Rini Ambarwati
PENGARUH LARVA DISTROYER DENGAN VARIASI DAYA LISTRIK UNTUK MEMBUNUH JENTIK NYAMUK Aedes aegypti TAHUN 2008
xv+64 halaman, tabel, gambar, lampiran

Nyamuk Aedes aegypti merupakan vektor utama Demam Berdarah Dengue (DBD). Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak diciptakan alat yang memanfaatkan listrik arus bolak – balik (Alternating Current) untuk membunuh nyamuk seperti Electrical Mosquito Killer (3 Watt), Mosquito Repeller (5 Watt) dan Smart Insect Killer (7 – 9 Watt). Alat tersebut memiliki waktu kontak yang singkat (£ 1 menit) untuk membunuh nyamuk, sehingga bukan hal yang tidak mungkin apabila alat dimodifikasi dengan pengaturan daya listrik tertentu maka dalam waktu kontak yang relatif singkat dapat dipergunakan untuk membunuh jentik – jentik nyamuk. Penulis telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh Larva Distroyer dengan variasi daya listrik 3 Watt, 5 Watt, 7 Watt dan 9 Watt untuk membunuh jentik nyamuk Aedes aegypti dengan waktu kontak 1 menit.
Jenis Penelitian adalah True Experimental dengan desain rancangan Post test only group design untuk mengetahui pengaruh Larva Distroyer dengan variasi daya listrik untuk membunuh jentik nyamuk Aedes aegypti. Kontainer yang digunakan adalah toples kaca dengan jumlah jentik nyamuk tiap kontainer sebanyak 15 ekor dan volume air 500 ml, waktu kontak 1 menit dengan jarak antar elektroda yaitu 8 cm. Replikasi dilakukan sebanyak 4 kali.
Selama penelitian suhu air dalam kontainer berkisar antara 26,14 s/d 26,20 0C, pH air berkisar antara 6,8 – 7,0. Jentik nyamuk Aedes aegypti yang mati setelah terkena Larva Distroyer yaitu 3 Watt=5 ekor (33 %), 5 Watt=8 ekor (53 %), 7 Watt=12 ekor (80 %) dan 9 Watt=15 ekor (100 %).
Hasil uji Anova antar perlakuan bahwa nilai signifikan (0,000) < nilai α (0,05) sehingga Ho ditolak, artinya ada beda yang bermakna dari pengaruh Larva Distroyer dengan variasi daya listrik untuk membunuh jentik nyamuk Aedes aegypti. Uji lanjut dari Anova (LSD) menunjukkan bahwa daya listrik 9 Watt mempunyai beda yang bermakna dengan daya listrik 3 Watt, 5 Watt dan 7 Watt.

Daftar bacaan : 23 (1985 s/d 2007)
Kata Kunci    : Larva Distroyer, Variasi daya listrik, Membunuh jentik nyamuk Aedes aegypti.
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar