Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007

Abstrak
Siti Rokhimatul Makhmudah
STUDI TENTANG SANITASI RUMAH PENDERITA TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEMPOR I KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2007.
xvi + 55 halaman = gambar, tabel, grafik, lampiran

Rumah merupakan lingkungan yang paling sering berinteraksi dengan penghuninya. Kondisi rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan mempengaruhi keseimbangan serta ketentraman individu penghuni rumah. Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat rumah yang tidak memenuhi yaitu penyakit TB Paru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sanitasi rumah penderita TB Paru kaitannya dengan penyakit TB Paru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross secsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pengukuran. Penelitian ini di sajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dari pengukuran terhadap suhu rumah penderita TB Paru yang memenuhi syarat sebesar 73,69 %. Pengukuran kelembaban pada rumah penderita TB Paru yang memenuhi syarat sebesar 15,79%, sedangkan pengukuran pencahayaan pada rumah penderita TB Paru yang memenuhi syarat sebesar 36,84 %. Pengukuran ventilasi rumah yang memenuhi syarat sebesar 63,16 %, sedangkan pemeriksaan angka kuman udara di kamar tidur penderita TB Paru di peroleh hasil bervariasi antara 1.376-3.806 Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian yang diperoleh dari pengukuran dan bandingkan dengan standart yang berlaku rata-rata rumah penderita TB Paru tidak memenuhi syarat kesehatan. Penulis menyarankan perlu diberikan penyuluhan akan pentingnya hidup bersih dan sehat serta pembuatan rumah yang hendaknya dilengkapi fasilitas-fasilitas seperti ventilasi/jendela permanen, genteng kaca dll.

Daftar bacaan : 17(1978 – 2006)
Kata kunci      : Sanitasi rumah penderita TB Paru
Klasifikas        : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar