Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007


Abstrak
Dian Yuliana
STUDI TENTANG TEKNIK OPERASIONAL PENGELOLAAN SAMPAH DI PERUMAHAN GUNUNG SIMPING PERMAI CILACAP TAHUN 2007.
xvii + 63 halaman : gambar, tabel, diagram, lampiran

Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan hunian dan sarana pembinaan keluarga yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana lingkungan. Perumahan merupakan salah satu tempat yang potensial sebagai sumber penghasil sampah karena orang-orang yang menghuni pada perumahan tersebut akan menghasilkan sampah pada setiap harinya. Jenis-jenis sampah yang dihasilkan di Perumahan Gunung Simping Permai Cilacap bervariasi terdiri dari sampah basah dan sampah kering. Kondisi keadaan sampah di Perumahan tersebut masih terlihat berserakan, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Perumahan Gunung Simping Permai Cilacap belum dilaksanakan secara optimal sehingga masih diperlukan peningkatan upaya pengelolaan sampah di Perumahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana teknik operasional pengelolaan sampah di Perumahan Gunung Simping Permai Cilacap Tahun 2007.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Perumahan Gunung Simping Permai Cilacap pada Tahun 2007 mempunyai jumlah penduduk ± 1266 jiwa yang setiap hari rata-rata menghasilkan sampah ± 6,1488 m3 / hari. Saat ini penanganan sampah di Perumahan Gunung Simping Permai Cilacap belum dilaksanakan secara optimal sehingga masih diperlukan peningkatan upaya pengelolaan sampah di perumahan tersebut.
Saran yang diberikan adalah perlu dilakukan pembenahan teknik operasional pengelolaan sampah secara umum meliputi tahap penimbulan sampah, penyimpanan sampah sementara, pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, pengolahan dan pemanfaatan sampah serta pembuangan akhir sampah.

Daftar bacaan : 11 (1980-2003)
Kata kunci      : Teknik Operasional Pengelolaan Sampah
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar