Minggu, 07 Juni 2009

Depertemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatanlingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak
Aptiningsih
STUDI KANDUNGANG SALMONELLA PADA IKAN PINDANG DI USAHA DAGANG DUA PUTRID DESA ADISARA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2008
Xv + 46 halaman : table, gambar, lampiran

Ikan pindang merupakan salah satu bahan makanan yang mudah tercemar oleh mikroorganisme atau bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia. Ikan pindang supaya layak untuk dikonsumsi, perlu dilakukan tindakan sanitasi yaitu mulai dari penerimaan ikan segar, pengamanan, pewadahan, cara mengolah, dan tempat penyimpanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kandungan Salmonella pada ikan segar, mengetahui kualitas air yang digunakan untuk mencuci ikan, suhu yang digunakan untuk memasak ikan, kandungan Salmonella pada ikan pindang yang baru diolah, kondisi wadah ikan pindang, kondisi tempat penyimpanan ikan pindang, dan mengetahui kandungan Salmonella pada ikan pindang yang telah disimpan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang ada dan dituangkan dalam bentuk narasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemeriksaan kandungan Salmonella pada ikan segar, kandungan Salmonella pada ikan pindang yang baru diolah, dan kandungan Salmonella pada ikan pindang yang telah disimpan, serta wawancara dengan pengolah ikan pindang dan observasi dengan checklist.
Hasil pemeriksaan terhadap kandungan Salmonella pada ikan segar dan kandungan Salmonella pada ikan pindang yang telah disimpan positif menganduing Salmonella, sedangkan kandungan Salmonella pada ikan pindang yang baru diolah negative (tidak menganduing Salmonella). Kondisi air yang digunakan untuk mencuci ikan sudah memenuhi syarat fisik air bersih dan syarat kuantitas. suhu yang digunakan untuk memasak ikan sudah memenuhi syarat, tetapi kondisi wadah dan tempat penyimpanannya belum memenuhi syarat.
Kepada pemilik pengolahan ikan pindang disarankan untuk melengkapi fasilitas-fasilitas yang belum tersedia, seluruh penjamah harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter, serta kondisi wadah dan tempat penyimpanan dibuat sedemikian rupa sehingga kontaminasi terhadap ikan pindang daapat dikurangi.

Daftar bacaan : 11 (1986-2006)
Kata kunci      : Kandunagn Salmonella
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar