Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak
Rina Dwi Anggraini Sudardjo
STUDI KANDUNGAN ZAT PEWARNA SINTETIS RHODAMIN B DAN METANIL YELLOW PADA ES LILIN YANG DIJUAL PEDAGANG DI BEBERAPA SD NEGERI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2008
XII + 53 halaman: gambar, lampiran

Es lilin merupakan salah satu jenis makanan jajanan biasanya dijual dengan beraneka bentuk dan warna yang menarik. Pewarna yang digunakan yaitu pewarna sintetis makanan, akan tetapi saat ini masih ada produsen makanan yang menggunaan pewarna berbahaya seperti Rhodamin B dan Metanil Yellow sebagai pewarna makanan. Hal ini sangat berbahaya karena pewarna tersebut dapat menyebabkan kanker pada manusia yang mengkonsumsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan Rhodamin B dan Metanil Yellow pada es lilin di SD Negeri Kecamatan Bobotsari dan mengetahui tingkat pengetahuan pedagang es lilin mengenai pewarna tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan di laboratorium dengan jumlah sampel sepuluh sampel, es lilin berwarna merah lima buah dan es lilin berwarna kuning lima buah. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan pemeriksaan labolatorium kandungan Rhodamin B dan Metnil Yellow pada es lilin dilakukan dengan metode Kromatography Lapisan Tipis (KLT).
Hasil pemeriksan menunjukan bahwa lima sampel es lilin berwarna merah negatif mengandung Rhodamin B dan lima sampel es lilin yang berwarna kuning negatif mengandung Metanil Yellow atau aman untuk digunakan namun dengan jumlah dosisi yang ditentukan. Pewarna yang digunakan oleh pedagang antara lain esen dan pasta.
Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sepuluh es lilin yang diambil sebagai sampel dari lima sampel berwarna merah 0% mengandung Rhodamin B dan lima sampel es lilin berwarna kuning 0% mengandung Metanil Yellow. Apabila masyarakat membeli pewarna disarankan terlebih dahulu memperhatikan label, tanggal kadaluaarsa dan komposisi yang tercantum pada kemasan tersebut sehingga tidak terjadi penyalahgunaan pewarna dalam makanan dan minuman.

Daftar bacaan : 11 ( 1985-2007 )
Kata Kunci     : Bahan Tambahan Makanan
Klasifikasi      :
Full text

1 komentar:

  1. punten....
    aku irma mhsiswa JKL PWT, tahun 2008.
    tepat tahun ini aku semester V.
    lg kesulitan mencari dan menentukan KTI.
    bisa dibantu kak...???

    BalasHapus