Selasa, 09 Juni 2009

Pencemaran pestisida air mata air dieng

oleh : Syafria Hermayanti

A. Kesimpulan
Setelah dilakukan penelitian pada mata air Pegunungan Dieng di Desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kandungan pestisida golongan Organophosfat, Organoklorin, dan golongan Karbamat pada mata air Pegunungan Dieng di Desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara tahun 2008, tidak terdeteksi oleh pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metode pemeriksaan KLT (Kromatografi Lapis Tipis).
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pencemaran pestisida pada mata air Pegunungan Dieng di Desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara seperti jenis tanah / topografi, jenis pestisida, konsentrasi pestisida yang digunakan petani, letak mata air, peresapan air, hujan, metode pemeriksaan, mempengaruhi tidak tercemarnya mata air terebut oleh pestisida.

B. Saran
1. Diharapkan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap mata air tersebut dengan metode HPLC (High Performance Layer Cromatografi).
2. Diharapkan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap parameter pestisida yang lain sesuai dengan golongan dan bahan aktif yang dipakai oleh masyarakat desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara.
3. Diharapkan agar dilakukan penelitian terhadap kandungan pestisida pada tanah sekitar lahan pertanian, air sungai di sekitar lahan petanian, dan air yang terdapat pada bak penampungan kedua yang telah melalui pipa distribusi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar