Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak
Rusli Al Hanzah.
STUDI KOMPARASI KESUKAAN BERTELUR NYAMUK Aedes sp TERHADAP JENIS TEMPAT PENAMPUNGAN AIR DI KELURAHAN PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2008
XI + 48 : Gambar, lampiran

Kelurahan Purwokerto Lor adalah salah satu kelurahan yang terletak di daerah endemis DBD yaitu Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Angka insiden Demam Berdarah di Kelurahan Purwokerto Lor periode Januari s/d Maret 2008 sebanyak 9 kasus. Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditemukan di daerah tropis dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria. Penyakit menular ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes sp, menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan dapat menimbulkan kematian. Salah satu aspek fisik yang mempengaruhi perkembangbiakan nyamuk Aedes sp adalah tempat air dan kebiasaan Aedes sp dalam meletakkan telurnya pada tempat penampungan air dipengaruhi oleh jenis, volume dan warna penampungan air.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah tempat penampungan air yang terbuat dari tanah liat, ember plastik, kaleng bekas, potongan bambu dan tempurung kelapa yang positif terdapat telur Aedes sp serta mengetahui ada tidaknya perbedaan kesukaan bertelur nyamuk Aedes sp terhadap jenis tempat penampungan air di Kelurahan Purwokerto Lor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra Eksperimen. Pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung (observasi) di tempat penelitian dan dari pengukuran jumlah jenis tempat penampungan air yang positif terdapat telur Aedes sp. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square (χ2 > 1 sampel), yaitu untuk menguji ada tidaknya perbedaan kesukaan bertelur nyamuk Aedes sp terhadap jenis tempat penampungan air.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kesukaan bertelur nyamuk Aedes sp terhadap jumlah jenis kontainer yang positif terdapat telur di Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas.

Kepustakaan : 16 (1985 - 2007)
Kata kunci    : Aedes sp, Kesukaan bertelur, Jenis tempat air
Klasifikasi    : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar