Jumat, 05 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006


Abstrak
Aseska Galuh Atmaja
STUDI PEMENUHAN ENERGI PADA PEKERJA SHIFT PERTAMA DI HOTEL MORO SENENG KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2006
Vii + 55 halaman, gambar, tabel, lampiran.

Perusahaan yang mempekerjakan karyawannya 8 jam sehari harus memberikan 40% dari kebutuhan energi masing-masing pekerja dalam sehari. Hotel Moro Seneng Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas adalah perusahaan jasa perhotelan yang memiliki 31 karyawan yang terbagi dalam 3 shift kerja. Shift pertama merupakan shift yang paling sibuk dari semua shift. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui beban kerja, kebutuhan energi berdasarkan beban kerja, kandungan energi pada makanan yang diberikan pada pekerja dan pemenuhan 40% dari kebutuhan energi masing-masing pekerja berdasarkan beban kerja.
Jenis penelitian ini adalah observasional. Subyek penelitian ini adalah seluruh pekerja shift pertama yang berusia minimal 20 tahun dan bekerja paling sedikit 8 jam sehari pada sat penelitian. Analisa yang digunakan analisa deskriptif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kebutuhan energi yang harus dipenuhi untuk pekerja dengan beban kerja ringan 3582,4 kalori, pekerja dengan beban kerja sedang 7300 kalori, dan pekerja dengan beban kerja berat adalah 7800 kalori. Energi yang disediakan perusahaan melalui pemberian makanan sebesar15.344 kalori
Penelitian ini menyimpulkan energi yang diberikan melalui pemberian makanan belum mencukupi 40% kebutuhan energi semua pekerja. menyimpulkan bahwa menyarankan agar perusahaan menambahkan jumlah energi yang diberikan melalui makanan yang diberikan kepada pekerja, yaitu sebesar 302,4 kalori, 1.420 kalori bagi pekerja dengan beban kerja sedang dan 3.600 kalori bagi tenaga kerja dengan beban kerja berat. Saran selanjutnya adalah agar perusahaan mempekerjakan ahli gizi untuk menangani kebutuhan gizi para pekerjanya disamping pemberian istirahat yang cukup bagi pekerja dengan kategori beban kerja berat.

Daftar bacaan  : (1976-2001).
Kata kunci       : Beban kerja, kebutuhan energi, pemenuhan energi.
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar