Jumat, 05 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan kesehatan Lingkungan
Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006


Abstrak
Dadang Dayanto
STUDI SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD BANJARNEGARA TAHUN 2006
Vi + 44 .halaman, tabel, gambar, lampiran

Rumah sakit merupakan tempat dimana dilaksanakannya berbagai pelayanan kesehatan yang mempunyai peranan penting dalam memperketat penyembuhan dan pemulihan penyakit. Sampah merupakan hasil dari aktifitas rumah sakit baik sampah medis maupun sampah non medis. RSUD Banjaregara merupakan rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Banjarnegara bertipe C dengan kapasitas tempat tidur 106 unit. Menghasilkan sampah medis rata-rata 0,053 m3/hari. BOR (Bed Occupacy Rate ) sebesar 70,75 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber, pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan pembuanagan akhir sampah medis di RSUD Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adaah Deskriptif dan pengumpulan data dengan cara observasi, pengukuran, dan wawancara.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pengelolaan sampah medis ditangani oleh pihak RSUD Banjarnegara. Berdasarkan hasil pengukuran volume sampah medis di RSUD Banjarnegara rata-rata perhari adalah 0,053 m3. Pada fase pengumpulan tempat sampah medis yang digunakan tidak dilapisi kantong plastik sebagai pembungkus sampah. Pengangkutan sampah medis dari tempat pengumpulan ke TPA dilakukan oleh petugas dengan cara manual. Pemusnahan sampah medis dengan di bakar pada incinerator.
Untuk meningkatkan kondisi pengelolaan sampah yang lebih baik disarankan agar pihak ISP Rumah Sakit mengelola sampah medis secara teratur. Dan sesuai dengan saran kesehatan yang meliputi adanya pengawasan terhadap sampah agar tidak tercampur antara sampah medis dan non medis. Mengusahakan alat angkut khusus dan kepada petugas pelaksana agar selalu menggunakan APD sertatempat sampah yang digunakan diberi kantong plastik dan dibersihkan setelah digunakan.

Daftar bacaan : 7 (1985-2001)
Kata kunci      : Sampah medis
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar