Jumat, 05 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006


Abstrak
Nahdliyah Anggraini
STUDI JUMLAH KANDUNGAN BAKTERI Coliform PADA SUP BUAH DI LAPANGAN PANCASILA KOTA SALATIGA TAHUN 2006
xiv + 55 halaman: tabel, lampiran

Makanan dan minuman jajanan yang semakin banyak sekarang ini menyebabkan masyarakat mengkonsumsi makanan yang murah, mudah diperoleh dan digemari oleh sebagian besar lapisan masyarakat. Kondisi saat ini banyak menimbulkan kasus keracunan makanan yang menyebabkan banyak kerugian pada konsumen. Hal ini diperlukan adanya pengawasan pada makanan dan minuman jajanan untuk memenuhi persyaratan kualitas makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan bakteri Coliform pada Sup Buah dan melihat kondisi sanitasi tempat penjualan Sup Buah. Makanan dan minuman dipengaruhi oleh cara pengolahannya, dalam pengolahan makanan ada enam prinsip Hygiene Sanitasi Makanan Minuman, yaitu proses penyediaan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan dan penyajian makanan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, diharapkan dapat diketahui jumlah bakteri Coliform pada Sup Buah dan menggambarkan sanitasi tempat penjualan Sup buah.
Pemeriksaan laboratorium menunjukkan kandungan bakteri Coliform yang tidak memenuhi syarat Dirjen POM No. 03276/B/SK/VII/1989 tentang batas maksimum cemaran mikroba, yaitu lebih dari 20 MPN dalam 100 ml sampel. Hasil inspeksi sanitasi tempat penjualan Sup Buah dalam kategori baik (76-100%), cukup baik (56-75%) dan kurang baik (40-55%) dalam prinsip Hygiene Sanitasi Makanan Minuman.
Dengan adanya penelitian ini menjadi tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Kota Salatiga untuk melakukan pemeriksaan pada makanan minuman jajanan tersebut, serta adanya pengawasan kepada para pedagang kaki lima.

Daftar bacaan : 19 (1985-2006)
Kata kunci      : Bakteri Coliform, HSMM
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar