Selasa, 09 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2008

Intisari

Purwanti
"STUDI PENGARUH GETARAN SELURUH TUBUH TERHADAP KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA SOPIR BUS DI TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2008"
ix + halaman, tabel, lampiran


Bus banyak digunakan pada industri maupun sebagai sarana transportasi untuk memindahkan penumpang maupun barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Nyeri punggung bawah (NPB) merupakan salah satu masalah kesehatan kerja yang utama. Di Terminal Bus Giwangan belum pernah dilakukan pengukuran tentang intensitas getaran yang dialami oleh sopir bus yang berhubungan dengan kondisi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara paparan getaran seluruh tubuh dengan kejadian NPB pada sopir bus.

Jenis penelitian yang digunakan dalam Karya Tulis Ilmiah ini adalah cross sectional. Analisis statistic yang dipakai menggunakan software SPSS 10.0 dengan uji korelasi tata jenjang spearman (rho). Penyajian data dilakukan dalam bentuk narasi terstruktur, grafik dan tabel.

Hasil menunjukkan bahwa besarnya nilai signifikasi (p) sebesarnya 0,024 dimana nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05 (p<0 br="" ditolak.="" ho="" sehingga="">Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara paparan getaran seluruh tubuh dengan kejadian NPB pada sopir bus. Penulis menyarankan bagi pihak pengelola Terminal Bus Giwangan untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya isolasi vibrasi untuk mengurangi keluhan nyeri yang dirasakan oleh sopir.

Daftar bacaan : 11 (1994-2007)
Kata Kunci : Terminal – Intensitas Getaran
Klasifikasi : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar