Selasa, 09 Juni 2009

Jenis kecoak di rumah sakit

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008

Abstrak
Indah Permatasari
STUDI IDENTIFIKASI KECOA DAN KEPADATANNYA DI RUMAH SAKIT UMUM KARDINAH KOTA TEGAL TAHUN 2008
XII + Halaman : Tabel, Gambar, dan Lampiran

Rumah Sakit merupakan sarana umum yang melakukan pelayanan kesehatan untuk peningkatan mutu pelayanan. Salah satu kegiatan rumah sakit adalah untuk mencegah timbulnya penyebaran penyakit yang ditularkan melalui serangga atau vektor penyakit. Kecoa adalah salah satu serangga yang termasuk dalam ordo Orthoptera. Famili Blattidae merupakan satu-satunya anggota dari ordo Orthoptera yang paling sering dijumpai. Di Indonesia, Blattidae lebih dikenal dengan nama kecoa atau lipas (cockroach) yang menjadi serangga pengganggu di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies, kepadatan, dan pengendalian kecoa di Rumah Sakit Umum Kardinah Kota Tegal Tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu membandingkan antara teori/standar dengan hasil survei. Pengumpulan data untuk penelitian dilakukan dengan cara pengukuran mengenai kepadatan kecoa di rumah sakit dan identifikasi kecoa. Subyek penelitian ini adalah kecoa di RSU Kardinah di Kota Tegal.
Spesies kecoa yang ada di RSU Kardinah Kota Tegal yang diukur dengan perangkap satu malam menghasilkan kecoa sebanyak 7 ekor yang terdiri dari 2 spesies yaitu P. australasiae sebanyak 2 ekor (28,6%) dan P. americana sebanyak 5 ekor (71,4%). Kepadatan kecoa di RSU Kardinah Kota Tegal adalah kepadatan dilakukan pada titik yang telah ditentukan, jadi kepadatan kecoa rendah, tindakan pengendalian tidak menjadi masalah. Pengendalian kecoa di RSU Kardinah Kota Tegal dapat dilaksanakan dengan penyemprotan pada siang hari secara kimiawi menggunakan bahan kimia (insektisida) yaitu 2% chlordane / malathion.
Penulis menyarankan bagi Rumah Sakit Umum Kardinah Kota Tegal sebaiknya periksa kebersihan kamar mandi / WC dan perlu melaksanakan pengendalian serangga dan tikus secara rutin 3 bulan sekali.

Daftar Bacaan : 11 (1967-2003)
Kata Kunci      : Kecoa
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar