Jumat, 05 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006


Abstrak
Yuniarto Aribowo
STUDI CONTAINER INDEK DAN IDENTIFIKASI JENTIK Aedes aegypti DI SEKITAR RUMAH PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA 2006.
Halaman : XVII + 35 : tabel, gambar, lampiran.

Penyakit DBD telah berjangkit di wilayah Purbalingga. Selama tahun 2005 tercatat 66 penderita dan tersebar diberbagai wilayah Purbalingga. Selama bulan Januari-Maret 2006 tercatat 24 penderita. Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga merupakan Kecamatan yang banyak terjadi kasus DBD yaitu 9 penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya jentik Aedes aegypti dan CI pada rumah penderita DBD bulan Januari-Maret 2006.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jumlah yang diteliti adalah 9 rumah penderita DBD. Pengumpulan data umum dan data khusus diperoleh dengan observasi, pemeriksaan dilapangan dan laboratorium.
Hasil penelitian di 9 rumah penderita DBD di Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga didapat CI = 46,80 %, dari 9 rumah penderita DBD yang diperiksa ditemukan jentik Aedes aegypti sedangkan pada 2 rumah tidak ditemkan jentik Aedes aegypti.
Kesimpulan penelitian dari 9 rumah penderita DBD di Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga ditemukan jentik Aedes aegypti kecuali dirumah penderita 01 dan 02 dan hasil CI = 46,80 % maka angka CI tersebut kriteria tinggi. Maka dari itu masyarakat berperan aktif dalam memutuskan rantai penularan penyakit tersebut melalui kegiatan kerja bakti, PSN dan abatisasi agar jentik nyamuk yang berada dalam container tidak berkembang dewasa atau mati.

Daftar bacaan : 12 (1979-2003)
Kata kunci      : Demam berdarah dengue
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar