Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak
Diyah Ayu Affriani
STUDI KANDUNGAN CO PADA KUALITAS UDARA DI PERUSAHAAN BATIK HADI PRIYANTO BANYUMAS TAHUN 2008
xii + 46 halaman: gambar, tabel, lampiran

Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu bahan polutan yang umum terjadi di udara. Gas ini dihasilkan dari proses oksidasi bahan bakar yang tidak sempurna, seperti bensin, minyak tanah dan kayu bakar. Selama ini banyak diantara kita beranggapan bahwa masalah polusi udara semata-mata terjadi di udara bebas (out door), padahal kita belum menyadari bahwa polusi di dalam ruangan (indoor) ternyata mempunyai dampak lebih besar. Paparan dari gas CO pada kadar 100 ppm dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, kadar 250 ppm menyebabkan kehilangan kesadaran serta kematian cepat pada 1000 ppm. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar CO di Perusahaan Batik Hadi Priyanto Banyumas karena pada proses pembuatan batik terjadi pembakaran tidak sempurna dari penggunaan kompor minyak tanah secara kontinyu untuk melelehkan lilin batik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang kandungan CO pada kualitaas udara di Perusahan Batik Hadi Priyanto Banyumas.
Hasil penelitian di Perusahaan Batik kadar CO terutama di ruang produksi setelah dianalisis data menggunakan analisis statistik rata-rata hitung, kadar CO rata-rata 2,41 part per million. Berdasarkan hasil tersebut ternyata kadar CO di Perusahaan Batik belum melebihhi standar NAB bahan-bahan kimia udara di tempat kerja yang ditetapkan sesuai Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor SE-01/MENAKER/1997 untuk parameter CO adalah konsentrasi 25 ppm.
Sebaiknya di dalam ruang produksi di pasang blower (exhauster), dan setiap pekerja harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker saat bekerja atau saat berada di ruang produksi serta perlu dilakukan penyuluhan mengenai penerapan hyperkes dan keselamatan kerja secara berkala 1 bulan – 3 bulan sekali.

Daftar bacaan : (1980 - 2007)
Kata kunci      : CO (karbon monoksida)
Klasifikasi      :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar