Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007


Abstrak
Esa Misbahudin
PENGARUH PEMAKAIAN ALAT SODIS BOTOL KACA TERHADAP PENURUNAN KANDUNGAN COLIFORM AIR SUMUR GALI DI DESA PAMIJEN RW 1/RT 5 KECAMATAN BATURRADEN TAHUN 2007
xv + 49 halaman, tabel, gambar, lampiran

Penyakit diare yang masih masuk ke dalam 10 besar penyakit di Puskesmas I Baturraden dapat dijadikan indikasi bahwa kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi air minum yang sehat masih rendah. Salah satu cara untuk memperoleh air bersih yang sehat yaitu dengan mendisinfeksi air bersih dengan sinar matahari, misalnya dengan SODIS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penurunan kandungan Coliform setelah diberi perlakuan pemanasan SODIS botol kaca selama 4 jam (1 jam, 2 jam, 3 jam, dan 4 jam).
Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperiment, dengan metode pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pemeriksaan laboratorium. Penyajian data dalam bentuk narasi dan tabel. Analisis yang digunakan adalah uji Anova One Way dilanjutkan dengan uji LSD (Least Difference Significant) dan standar yang digunakan adalah PerMenKes RI No. 416/MenKes/per/IX1990.
Hasil penelitian yang diperoleh, kandungan Coliform sebelum diberi perlakuan SODIS botol kaca adalah 7300 MPN/1000 ml, rata-rata kandungan Coliform setelah diberi perlakuan SODIS botol kaca adalah 2033,33 MPN/1000 ml atau dapat menurunkan kandungan Coliform sebanyak 2033,32 MPN/1000 ml. Hasil uji statistik dengan menggunakan Anova One Way nilai signifikan 0,00 < 0,05 (α), maka Ho ditolak
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara pemakaian SODIS botol kaca dengan penurunan jumlah kandungan bakteri Coliform pada air sumur gali. Bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti dengan metode yang berbeda, yaitu lama kontak diperpanjang dan perbedaan ketebalan kaca, serta meneliti kandungan kimia dalam air setelah diberi perlakuan SODIS.

Daftar bacaan : 1983 – 2006 (22)
Kata kunci      : SODIS botol kaca, bakteri Coliform
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar