Minggu, 07 Juni 2009

STUDI TENTANG SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR RAHAYU KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politekknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2008

Abstrak
Chiska Oktaviani
STUDI TENTANG SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR RAHAYU KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008
xii + 61 : tabel, gambar, lampiran

Sampah diartikan sebagai benda yang tidak dipakai, tidak diinginkan dan di buang. Pengelolaan sampah adalah suatu bidang yang berhubungan dengan pengaturan terhadap penimbulan, penyimpanan sementara, pengumpulan, pemindahan dan pengangkutan, pemrosesan dan pembuangan sampah dengan suatu cara sesuai dengan prinsip-prinsip terbaik dari kesehatan masyarakat, ekonomi, teknik, perlindungan alam, keindahan dan pertimbangan lingkungan lainnya dan juga mempertimbangkan sikap masyarakat.
Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang sistem pengelolaan sampah di pasar Rahayu Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Tahun 2008.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, obsaervasi, dan pengukuran. Pengolahan data dengan editing dan tabulating. Analisis data yang digunakan secara deskriptif, menggambarkan hasil penelitian dengan analisis tabel. Membandingkan teori dengan kenyataan yang ada di lapangan.
Kesimpulan dari penelitian adalah pengelolaan sampah di pasar Rahayu Sidareja telah baik dengan beberapa permasalahan seperti tidak semua pedagang di pasar memiliki tempat sampah, jenis tempat sampah dan Tempat Penampungan Sementara (TPS) belum memenuhi persyaratan kesehatan serta petugas kebersihan tidak menggunakan Alat Pelindung Diri. Pada aspek ketenagaan tenaga kebersihan belum dimanfaatkan secara optimal karena tidak ada pembagian waktu kerja. Penulis menyarankan supaya pengelola pasar dapat mengkoordinir pedagang untuk menyediakan tempat sampah pada setiap los atau kios yang ditempati serta penggunaan APD dan merencanakan pembagian waktu kerja bagi petugas kebersihan.

Kepustakaan : 14 (1980-2003)
Kata kunci    : Pasar, Sampah, Pengelolaan sampah
Klasifikasi     : -

1 komentar:

  1. bisa tidak saya minta filenya ini karya tlis ilmiah krn sy punya tugas terkait masalah ini...??

    BalasHapus