Minggu, 07 Juni 2009

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007


Abstrak
Dyah Astuti Nuswantari
PENGARUH PEMAKAIAN KURSI ERGONOMIS TERHADAP PENGURANGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA TUKANG SOL SEPATU DI KOMPLEK KEBONDALEM PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2007.
XI + 38 halaman : tabel, gambar, lampiran

Pekerjaan sebaiknya dilakukan senyaman mungkin agar terhindar dari berbagai keluhan fisik bagi orang yang menjalaninya. Khususnya bagi tukanbg sol sepatu, bekerja dengan sikap duduk yang keliru dapat menumbulkan berbagai keluhan fisik. Salah satu cara untuk mengatasi keluahn fisik adalah dengan pemakaian sarana yang sesuai dengan ukuran tubuh, yaitu dengan pemakaian kursi ergonomis. Penelituan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keluhan subyektif yang dirasakan sebelum dan setelah memakai kursi ergonomis.
Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen jenis the one group pre and post test design. Analisis yang digunakan adalah uji t-test untuk mengukur perbedaan sebelum dan sesudah memakai kursi ergonomis.
Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna pada pengaruh pemakaian kursi ergonomis terhadap pengurangan keluhan subyektif pada tukang sol sepatu pada α 5%, yaitu yang sakit leher sebelum memakai kursi ada 6 orang setelah memakai kursi ada 2 orang, sakit punggung sebelum memakai kursi ada 5 orang setelah memakai kursi 1 orang, sakit pinggang sebelum memakai kursi ada 4 orang setelah memakai kursi ada 2 orang, sakit tangan sebelum memakai kursi ada 3 orang setelah memakai kursi ada 1 orang, sakit lutut dan kaki sebelkum memakai kursi ada 2 orang bsetelah memakai kursi ada 1 orang, sakit pantat sebelum memakai kursi ada 2 orang setelah memakai kursi ada 1 orang.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan penguranbgn keluhan subyektif sebelum dan setelah memakai kursi ergonomis. Saran yang dapat penulis berikan adalah agar para tukang sol sepatu sebisa mungkin menggunakan kursi yang nyaman ketika bekerja agar tidak menimbulkan berbagai keluhan fisik seperti : sakit leher, sakit punggung, sakit pinggang, sakit tangan, sakit lutut dan kaki serta sakit pantat.

Daftar bacaan : 13 ( 1985-2006 )
Kata kunci      : Ergonomi
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar