Selasa, 09 Juni 2009

STUDI KOMPARASI JUMLAH KUMAN PADA LANTAI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN DESINFEKTAN DI RUANG PERAWATAN BANGSAL ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BREBES TAHUN 2008

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak
Tria Widiastuti
STUDI KOMPARASI JUMLAH KUMAN PADA LANTAI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN DESINFEKTAN DI RUANG PERAWATAN BANGSAL ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BREBES TAHUN 2008
XII + 63 halaman: Tabel, gambar, lampiran

RSUD Brebes merupakan Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Daerah Brebes yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. RSUD Brebes berstatus rumah sakit type C dengan kapasitas tempat tidur 115 buah dan angka BOR adalah 71,10 %. Rumah sakit selain sebagai tempat pelayanan kesehatan, dapat berperan sebagai tempat penularan penyakit, terutama ruang perawatan pasien. Sebagai tempat berkumpulnya orang sakit, ruang perawatan mempunyai kemungkinan besar untuk terjadinya infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial dapat terjadi melalui perantara benda hidup dan benda mati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan jumlah kuman pada lantai sebelum dan sesudah pemberian desinfektan di ruang perawatan bangsal anak Rumah Sakit Umum Daerah Brebes.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pengukuran, pemeriksaan dan perhitungan jumlah kuman. Pengolahan data dengan cara editing, coding, dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalaam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t test (pre-post). Berdasarkan hasil uji t test pada penelitian ini, menunjukkan terdapatnya perbedaan jumlah kuman lantai antara sebelum dan sesudah pemberian desinfektan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian desinfektan pada saat pengepelan dapat menghambat perkembangan jumlah kuman pada lantai. Peneliti menyarankan dalam pengepelan ruang perawatan selalu menggunakan desinfektan, dan untuk menjaga agar angka kuman lantai tetap dibawah standar, dengan dilakukan pemeriksaan angka kuman secara teratur maksimal tiga bulan sekali oleh petugas.

Kepustakaan : 14 (1985 – 2004)
Kata Kunci   : Rumah Sakit, Kuman lantai, Desinfektan
Klasifikasi    :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar