Selasa, 12 November 2013

SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TEKSTIL PT CANDI MEKAR PEMALANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Mirza Begin  ( mirzabeginii@gmail.com )
TINJAUAN SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TEKSTIL PT CANDI MEKAR PEMALANG TAHUN 2013

PT Candi Mekar Pemalang bergerak di bidang industry tekstil yang menghasilkan limbah cair. Limbah  yang dihasilkan olehkegiatan industry menurut keputusan Perda Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2012 tentang Baku Mutu LImbah Cair yang mempunyai potensi menimbulkan pencemaran lingkungan hidup, karena itu perlu adanya pengendalian  terhadap pembuangan limbah cair.
tujuan penelitian untuk menekan dampak negative berupa limbah cair yang dihasilkan, PT Candi Mekar Pemalang telah membangun dan mengoperasikan instalasi pengolahan air limbah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian obsevasional dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung dilapangan dan wawancara terhadap pihak pengelola IPAL.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Candi Mekar Pemalang menggunakan sistem biologi proses lumpur aktif  ( Biologycal System Activated Sludge Process)  yang dalam penguraiannya menggunakan bakteri aerob. Sumber penghasil limbah cair berasal dari proses produksi finishing. Peran dan fungsi dari struktur organisasi yang berkaitan dengan pengolahan limbah cair PT Candi Mekar Pemalang sudah jelas serta petugas memahami peran dan fungsinya. Kualitas mutu limbah cair PT Candi Mekar Pemalang yang meliputi 10 parameter sudah memenuhi syarat baku mutu air limbah industri tekstil dan batik yang ditetapkan oleh Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2012.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan terhadap system menejemen pengolahan limbah cair PT Candi Mekar Pemalang Kabupaten Pemalang sudah memuaskan/baik. Saran untuk penelitian ini yaitu menambahkan jumlah dihasilkan.

Daftar bacaan : 12  ( 1987-2012 )
Kata Kunci    : Limbah, IPAL, Industri Tekstil
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar