Senin, 11 November 2013

SANITASI HOTEL

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia        
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang               
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak

Desi Marita Tyas P (dezy.marita@gmail.com) 
STUDI SANITASI HOTEL HORISON PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN
2013

Hotel merupakan jenis akomodasi yang menyediakan jasa penginapan kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang perlu dikelola secara komersial dan memiliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan para tamu apabila tidak memenuhi persyaratan secara kesehatan. Pengawasan sanitasi hotel yang meliputi bagian luar, bagian dalam, fasilitas sanitasi, dan fasilitas pendukung hotel yang sesuai dengan persyaratan kesehatan hotel untuk mencegah penularan penyakit dan gangguan lainnya. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi Hotel Horison Purwokerto yang meliputi sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, fasilitas sanitasi dan fasilitas pendukung.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sanitasi Hotel Horison Purwokerto. Cara pengumpulan data yaitu wawancara terhadap pihak pengelola hotel, observasi langsung pada objek yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan, suhu dan kelembaban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi bagian luar, bagian dalam, fasilitas sanitasi, fasilitas pendukung, pencahayaan, suhu, kelembaban di Hotel Horison sudah memenuhi syarat. Komponen yang tidak memenuhi syarat meliputi Ruang istirahat karyawan, kamar mandi jamban dan peturasan, tempat parkir dan tempat sampah.
Disimpulkan bahwa kondisi sanitasi hotel secara umum sudah memenuhi syarat dengan total 86,6% dan kondisi yang tidak memenuhi syarat sebanyak 13,3%. Menurut cheklist Keputusan Dirjen PPM & PLP diperoleh dengan kriteria penilaian hotel berbintang 75% x Total skore diperoleh hasil 75% x 968 = 726 dan dalam katagori hotel yang baik (B). Disarankan bagi pengelola hotel perlu menyediakan tempat sampah yang mempunyai penutup, perlu menyediakan tempat istirahat karyawan yang nyaman dan bersih, perlu menambahkan kamar mandi, jamban, dan peturasan sesuai dengan jumlah karyawan yang ada, perlu mempertahankan kondisi sanitasi hotel yang lebih memenuhi syarat, agar lebih menarik pengunjung lebih banyak lagi, perlu menambah tenaga sanitarian di Hotel Horison 

Daftar Bacaan  : 12
Kata Kunci      : Sanitasi Hotel 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar