Senin, 11 November 2013

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Nata de Coco

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

 Abstrak

Isnaeni Nur Charohmah, 
Studi Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Nata de Coco, Bapak Radjiman di Kabupaten Kebumen Tahun 2013 
xix+115 halaman, gambar, tabel, lampiran

Menurut UU No. 36 Tahun 2009 pasal 3 bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggitingginya, yang salah satunya dilakukan melalui upaya pengamanan makanan dan minuman. Industri rumah tangga Bapak Radjiman yang memproduksi nata de coco selalu mengalami kegagalan 5% setiap kali proses produksi. 
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan HACCP pad nata de coco yang diproduksi Industri Rumah Tangga Bapak Radjiman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan maksud menggambarkan bagaimana proses pelaksanaan HACCP dapat diterapkan di Industri Rumah Tangga Bapak Radjiman dalam pembuatan nata de coco. Cara pengumpulan data adalah dengan wawancara dengan pemilik industri, observasi menggunakan checklist, dan pemeriksaan laboratorium pada nata yang sudah dikemas dan usap alat nampan plastik sebagai data pendukung. 
Hasil penelitian HACCP di Industri Rumah Tangga Bapak Radjiman adalah penjamah yang belum menggunakan APD (penutup kepala, masker, sarung tangan dan celemek) dan belum semua penjamah mencuci tangan sebelum bekerja. Peralatan yang digunakan masih dalam kondisi layak pakai. Tempat yang digunakan masih ada yang berada di luar rumah. Kualitas nata de coco dan alat yaitu nampan plastik belum memenuhi standar. Metode pembuatan nata de coco sudah baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penjamah dapat menjadi sumber resiko pencemar  karena belum menggunakan APD (penutup kepala, masker, sarung tangan dan celemek) dan tempat yang digunakan masih ada yang berada di luar rumah sehingga beresiko dapat terkontaminasi dari lingkungan luar . Peralatan dan metode yang digunakan sudah baik. Saran untuk Industri Rumah Tangga Bapak Radjiman adalah perlu disediakan APD bagi penjamah dan melakukan proses sterilisasi yang sempurna untuk botol, nampan plastik dan kertas koran sebelum digunakan.  Daftar

Bacaan         :  (25) 1989-2013
Kata Kunci  :  HACCP Industri Rumah Tangga Bapak Radjiman
Klasifikasi    :  -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar