Selasa, 12 November 2013

PENGELOLAAN SAMPAH DI INSTITUSI SEKOLAH DASAR



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah,12  Juli  2013

Abstrak
Putut Resiadi Pratama (pututresiadi@yahoo.co.id)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI INSTITUSI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2013
XVI + 58 halaman: gambar, tabel, lampiran

Sampah merupakan hasil buangan dari kegiatan manusia yang sudah tidak terpakai lagi. Beberapa sumber sampah yang ada, salah satunya yaitu berasal dari Institusi sekolah Dasar. Institusi Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Bobotsari sebanyak  20 sekolah dasar dan ada 4544 siswa - siswi. Jumlah itu akan mempengaruhi jumlah sampah yang dihasilkan. Apabila sampah yang ditimbulkan dari Institusi Sekolah dasar yang ada di Kecamatan Bobotsari tidak dikelola dengan baik, maka sampah itu akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya yaitu  sampah akan menjadi sarang lalat yang akan mengganggu kesehatan seluruh warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di Institusi Sekolah Dasar di Kecamatan Bobotsari tahun 2013.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang pengelolaan sampah yang ada di Institusi Sekolah Dasar di Kecamatan Bobotsari tahun 2013. Cara pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran. Peneliti menggunakan metode total sampling. Analisis yang dipakai adalah analisis deskriptif dan membandingkan dengan teori yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan penelitian terhadap pengelolaan sampah yang menggunakan instrument checklist dengan skor 41,38%, maka pengelolaan sampah di Institusi Sekolah Dasar di Kecamatan Bobotsari belum memenuhi syarat kesehatan.

Untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Institusi Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Bobotsari hendaknya pihak Institusi sekolah Dasar menyediakan tempat sampah yang memenuhi syarat, APD, dan membangun TPS. Saran untuk pedagang juga sebaiknya mempunyai tempat sampah sendiri. Saran untuk siswa sekolah dasar agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Saran untuk petugas kebersihan agar menggunakan APD yang lengkap.

Daftar bacaan             : 18 (1981-2010)
Kata Kunci                  : sekolah dasar, pengelolaan sampah
Klasifikasi                    : -        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar