Selasa, 12 November 2013

SANITASI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB PURBALINGGA

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak  
Faradina Himas Mustika (dyna_naa92@yahoo.com)
TINJAUAN SANITASI RUMAH TAHANAN NEGARA  KELAS IIB PURBALINGGA TAHUN 2013
XV+81 halaman: tabel, gambar, lampiran

Rumah Tahanan Negara (RUTAN) adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan. Dari hasil survey pendahuluan yang telah dilakukan masih ditemukan aspek sanitasi yang belum memenuhi syarat di RUTAN Kelas IIB Purbalingga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan RUTAN tersebut.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan persyaratan yang ada.
Hasil penilaian Sanitasi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purbalingga masuk dalam kategori cukup dengan presentasi 72 %. Kondisi kamar hunian bersih, tidak terdeteksi asap, lantai terbuat dari keramik dan dinding dari susunan batu bata, atap menggunakan genting, langit-langit kuat, pintu dan jendela dapat dibuka, ditutup dengan baik, kepadatan penghuni per orang 2,9 m,  luas lubang ventilasi 8,09% dari luas lantai letaknya bersebrangan, temperatur kamar normal 28,87 °C, kelembaban 96%, pencahayaan 43,21 Lux. Air bersih berasal dari sumur, pembuangan limbah cair yang berasal dari jamban disalurkan ke septictank, tempat sampah tidak berpenutup, kamar mandi dan WC digunakan ± 20 orang, penjamah mencuci tangan sebelum mengolah makanan.
Kesimpulan bahwa sanitasi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purbalingga termasuk dalam kategori cukup baik, namun ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu kepadatan penghuni, kelembaban dan pencahayaan ruangan, pengelolaan air limbah dan jumlah kamar mandi/WC yang belum sesuai dengan kapasitas. Saran agar pemerintah dalam hal ini  Kementrian Hukum dan HAM khususnya Kepala RUTAN melakukan penanganan untuk memperbaiki  sanitasi RUTAN yaitu kepadatan penghuni, dengan memperbanyak jumlah kamar hunian dan jumlah kamar mandi agar sesuai dengan kapasitas.

Daftar bacaan : 15 (1983-2012)
Kata kunci      : Sanitasi Rumah Tahanan Negara
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar