Senin, 11 November 2013

PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK OLEH IBU RUMAH TANGGA

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak  

Dedi Ristianto ( dhedy.ristianto@yahoo.com)
STUDI PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK OLEH IBU RUMAH TANGGA DESA BANJARKERTA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2013
XV + 51 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Melalui survei pendahuluan dari 20 ibu rumah tangga Desa Banjarkerta ada 7 ibu rumah tangga yang menyimpan kantong plastik yang nantinya akan di gunakan kembali. 2 ibu rumah tangga mengumpulkan peralatan rumah tangga bekas yang terbuat dari plastik lalu menjualnya ke pemulung. 11 ibu rumah tangga lainnya memilih untuk membuang sampah plastik ke lingkungan dan membakarnya. Dengan demikian, ibu rumah tangga Desa Banjarkerta belum memperhatikan aspek dalam upaya memanfaatkan sampah plastik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sampah plastik oleh ibu rumah tangga Desa Banjarkerta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Pada penelitian ini diambil sampel 10% dari populasi ibu rumah tangga Desa Banjarkerta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 72,17 % berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan sampah plastik. Ibu rumah tangga Desa Banjarkerta  memanfaatkan sampah plastik dengan cara menggunakan kembali, menjualnya ke pemulung, mengubahnya menjadi mainan anak dan kerajinan tangan. Permasalahan yang dihadapi ibu rumah tangga Desa Banjarkerta dalam memanfaatkan sampah plastik adalah kesulitan dalam memilah sampah plastik, membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dan alat yang digunakan sederhana sehingga pemanfaatan kurang optimal. Rata – rata sampah plastik yang ditimbulkan di rumah tangga Desa Banjarkerja sebanyak 0,0362 kg/rumah tangga/hari.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan sampah plastik oleh ibu rumah tangga Desa Banjarkerta sudah menerapkan prinsip reuse, reduce, dan recycle. Saran yang diberikan adalah perlu ada dukungan dari pemerintah Desa Banjarkerta guna mengoptimalkan pemanfaatan sampah plastik oleh ibu rumah tangga Desa Banjarkerta. 

Daftar bacaan  : 17 (1985 – 2012 )
Kata kunci       : sampah plastik, pemanfaatan, rumah tangga
Klasifikasi        : -

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar