Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Purwokerto Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013 

Abstrak
Faela Anisatun Nufus (dhapa22@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI SEKOLAH PENDIDIKAN MENENGAH DI KECAMATAN KEBUMEN TAHUN 2013
xvii + 92 halaman : Gambar, Tabel, Lampiran 

Sekolah Pendidikan Menengah yang ada di Kecamatan Kebumen yaitu SMK sebanyak 18 sekolah, MA sebanyak 5, SMA sebanyak 6 sekolah. Sekolah yang kurang baik sanitasinya dapat berpengaruh pada proses belajar mengajar, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan misalnya menurunkan konsentrasi belajar, meningkatkan resiko penularan penyakit berbasis lingkungan seperti ISPA, diare dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi sanitasi Sekolah Pendidikan Menengah di Kecamatan Kebumen yang meliputi kondisi lingkungan dan bangunan sekolah, kondisi ruang kelas, sarana sanitasi dan pengendalian vektor.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan kondisi sanitasi sekolah Pendidikan Menengah di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Cara pengumpulan data yaitu observasi langsung dilapangan, wawancara serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan, suhu, kelembaban dan ventilasi. 
Hasil penilaian pemenuhan persyaratan kesehatan secara umum yang mencakup seluruh aspek pada empat sekolah yang diamati belum memenuhi syarat Kepmenkes/RI/No 1429/MENKES/SK/XII/2006 yaitu meliputi kondisi lingkungan dan bangunan sekolah, kondisi ruang kelas, sarana sanitasi dan pengendalian vektor. Di dapatkan hasil pada SMK Nawa Bhakti Kebumen 73%(TMSK), SMK N 2 Kebumen 83,45%(MS), MAN 1 Kebumen 76,6%(MSK), SMA Muhammadiyah Kebumen 55,45%(TMSK).
Simpulan yang diambil terdapat 2 sekolah yang belum memenuhi persyaratan kesehatan yaitu SMK Nawa Bhakti Kebumen dan SMA Muhammadiyah Kebumen. 2 sekolah yang memenuhi persyaratan kesehatan yaitu SMK N 2 Kebumen dan MAN 1 Kebumen. Saran yang dapat di berikan adalah pengelola sekolah perlu menyediakan tempat sampah berpenutup, menambah luas lubang ventilasi, menambah penyediaan kamar mandi/jamban dan peturasan, menyediakan alat pemadam kebakaran.

Daftar bacaan  : 17 (1990-2012)
Kata kunci       : sanitasi 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar