Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  September 2013

Abstrak

AnggiNurkomalasari (anggiolaloy@ymail.com) 
STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA (APD) PEKERJA DI INDUSTRI PENGGERGAJIAN KAYU U.D BUMI RAYA KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS
Xvii+70 halaman : gambar, table, lampiran   

U.D Bumi Raya Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas adalah industri yang bergerak dalam bidang penggergajian kayu, industri dibangun pada tahun 1990, diatas luas lahan 200 M². mempunyai tenaga kerja sejumlah 30 orang dan mesin pemotong kayu sejumlah 5 buah . Dengan pekerjaan yang menggunakan mesin terdapat suatu kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut salah satunya adalah dengan alat pelindung diri bagi pekerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan APD serta mendeskripsikan jenis, jumlah, kondisi, kesesuaian APD dan mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan penggunaan APD. 
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, penelitian ini dilakukan selama 3 hari, Dari 30 responden pekerja disertai pengisian kuesioner dan checklist tentang APD. Data yang didapat adalah sekunder dari U.D Bumi Raya Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas dan data prime pekerja atau mandor pada bagian produksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 30 responden pekerja yang diteliti semua penggunaan alat pelindung diri 100% untuk masker dan sepatu boot, jenis alat pelindung diri ada 2 jenis yang disediakan masker dan sepatu boot, jumlah APD 39, kondisi APD 100%, kesesuaian APD 100% untuk masker dan sepatu boot, dan pengawasan penggunaan APD dilakukan setiap hari pada jam kerja oleh mandor. Bagi U.D Bumi Raya diharapkan selalu membersihkan atau menjaga APD setelah digunakan. 
Peneliti menyimpulkan bahwa APD yang digunakan atau yang disediakan kurang baik, jumlahnya APD tidak sesuai dengan pekerja dan kurang memenuhi persyaratan. Perlu adanya pengawasan secara rutin dan pekerja mempertahankan penggunaan APD yang sudah berjalan dengan baik.  

Daftar Bacaan  : 16 (1980-2010)
Kata Kunci      : Alat Pelindung Diri, Penggergajian Kayu
Klasifikasi        :  -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar