Selasa, 12 November 2013

IDENTIFIKASI NYAMUK Anopheles Spp DI TUJUH DESA ENDEMIS MALARIA KABUPATEN BANYUMAS 2012

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Karya
Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak
Fitri Mamfurohoni (veethreeghonie@ymail.com)
IDENTIFIKASI NYAMUK Anopheles Spp DI TUJUH DESA ENDEMIS MALARIA KABUPATEN BANYUMAS 2012
XIII + 63 halaman : gambar, tabel, lampiran  

Penyakit malaria ditularkan dari orang sakit ke orang sehat melalui gigitan nyamuk Anopheles spp. Nyamuk Anopheles spp banyak ditemukan di daerah perbukitan dan persawahan seperti di Desa Karanggintung, Desa Karangsalam, Desa Selanegara, Desa Watuagung, Desa Bogangin, dan Desa Banjarpanepen yang banyak terdapat tempat perkembangbiakan nyamuk. Wilayah tujuh desa ini merupakan wilayah desa endemis malaria di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksakanan di tujuh desa endemis malaria di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sumpiuh, Kecamatan Kemranjen, dan Kecamatan Tambak dengan tujuan untuk mengetahui gambaran wilayah tujuh desa dan mengidentifikasi nyamuk Anopheles Spp di Tujuh Desa Endemis Malaria KabupatenBanyumas. 
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara spot survey. Penangkapan nyamuk Anopheles spp dilakukan menggunakan umpan manusia, hasil tangkapan dimasukkan ke dalam papercup. Penangkapan nyamuk dilakukan di luar ruangan, di dalam ruangan, dan di kandang ternak yang diduga sebagai tempat mencari darah.  Hasil penelitian menunjukan desa yang positif terdapat nyamuk Anopheles Spp sebanyak 4  yaitu desa Kranggintung, Desa Bogangin, Desa Selanegara, dan Desa Ketanda sedangkan yang negative nyamuk Anopheles spp sebanyak 3 yaitu desa Karangsalam, Desa Banjarpanepen, dan Desa Watuagung.
Hasil identifikasi yang dilakukan ditemukan jenis nyamuk Anopheles tasselatus, Anopheles minimus, Anopheles balabacensis, Anopheles vagus, dan Anopheles maculates dengan jumlah 12 ekor nyamuk Anopheles spp.  Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa ditemukan nyamuk Anopheles Spp yang dikategorikan sebagai desa endemis malaria. Dari hasil tersebut diharapkan wilayahPuskesmas Sumpiuh, Puskesmas Kemranjen, dan PuskesmasTambak melakukan survey dan pengendalian nyamuk Anopheles spp pada tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk Anopheles spp. 

Daftar bacaan :17 (1993-2012)
Kata kunci      : Nyamuk Anopheles Spp
Klasifikasi       : -
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar