Selasa, 12 November 2013

PENGARUH VARIASI KETEBALAN PASIR MERAPI SEBAGAI MEDIA FILTRASI DALAM MENURUNKAN KEKERUHAN AIR SUMUR GALI DI DUSUN SANGEN, DESA CANDIREJO, BOROBUDUR, MAGELANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Frida Wulansari Aris Saputri (fridawulansari@ymail.com)
PENGARUH VARIASI KETEBALAN PASIR MERAPI SEBAGAI MEDIA FILTRASI DALAM MENURUNKAN KEKERUHAN AIR SUMUR GALI DI DUSUN SANGEN, DESA CANDIREJO, BOROBUDUR, MAGELANG TAHUN 2013
XVI + 69 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Air adalah salah satu kebutuhan esensial manusia yang kedua setelah udara untuk keperluan hidupnya. Sumur gali  merupakan sumber utama persediaan air bersih bagi penduduk yang tinggal di daerah pedesaan maupun perkotaan di Indonesia. Air sumur gali yang tidak memenuhi syarat dipengaruhi oleh musim seperti kekeruhan. Filtrasi merupakan salah satu cara dalam mengatasi kekeruhan. Filtrasi dapat menggunakan beberapa media. Media filtrasi pasir Merapi dalam menurunkan kekeruhan belum pernah dilakukan sebelumnya.
Tujuan pnelitian untuk mengetahui pengaruh variasi ketebalan pasir Merapi sebagai media filtrasi dalam menurunkan kekeruhan air sumur gali di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Borobudur, Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan pre test and post test design, dengan maksud untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pemakaian pasir Merapi sebagai media filtrasi dengan variasi ketebalan terhadap penurunan kekeruhan.
Hasil dari penelitian ini diketahui rata-rata tingkat penurunan kekeruhan untuk masing-masing ketebalan dari kekeruhan awal 48 NTU menjadi 15,4 NTU untuk ketebalan 10 cm, 22,2 NTU untuk ketebalan 20 cm, 24 NTU untuk ketebalan 30 cm, 25,7 NTU untuk keteblan 40 cm dan 31 NTU untuk ketebalan 50 cm. Berdasarkan analisis statistik diketehui ada pengaruh yang signifikan   (p value ≤ 5%). Kesimpulan penelitian ini adalah masing-masing saringan pasir memberikan pengaruh terhadap penurunan angka kekeruhan. Perlu penelitian lebih lanjut utamanya dalam hal kecepatan filtraasi dan diameter pasir.

Daftar bacaan : 20 (1995 - 2013)
Kata kunci      : Kekeruhan, Pasir Merapi
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar