Selasa, 12 November 2013

PENGENDALIAN TIKUS DI DAERAH PERIMETER KKP KELAS II CILACAP TAHUN 2010-2012”

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Simpuh Sofatun Marwah
PENGENDALIAN TIKUS DI DAERAH PERIMETER KKP KELAS II CILACAP TAHUN 2010-2012
XV + 68 : Tabel, gambar, dan lampiran  

KKP adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan yang berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di kota Cilacap. Wilayah KKP Kelas II Cilacap dibagi menjadi dua daerah pengawasan yaitu daerah perimeter dan buffer. Berdasarkan survey pendahuluan, diketahui hasil jumlah tikus (tahun 2010-2012) mengalami penurunan dan peningkatan. Atas dasar hal itu, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan Judul “Pengendalian Tikus di Daerah Perimeter KKP Kelas II Cilacap Tahun 2010-2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pengendalian tikus dan mendeskripsikan data hasil kepadatan tikus dan indeks pinjal di daerah perimeter KKP Kelas II Cilacap.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap yang sudah tersedia, yang mencakup hasil pengamatan kepadatan tikus di daerah perimeter KKP Kelas II Cilacap Tahun 2010-2012.
Berdasarkan hasil penelitian dengan melihat data laporan tahunan KKP Kelas II Cilacap (tahun 2010-2012), bahwa kegiatan pengendalian tikus di daerah perimeter KKP Kelas II Cilacap dilakukan dengan cara pemasangan perangkap tikus kurang berhasil, karena kegiatan ini tidak dilakukan setiap bulannya, hanya beberapa kali dalam satu tahun. Jumlah tikus tertinggi yaitu pada tahun 2010 sebanyak 24 ekor, dan jumlah tikus terendah yaitu pada tahun 2011 yaitu sebanyak 35 ekor.
Simpulan dari penelitian pengendalian tikus adalah kegiatan pemasangan perangkap beberapa kali dalam satu tahun dengan menggunkan umpan kelapa bakar dan bakso goreng. Disarankan supaya lebih rutin dalam pemasangan perangkap dan melakukan pengujian kesukaan umpan kembali.

Daftar bacaan : 16 (1985-2012)
Kata kunci      : pengendalian tikus
Klasifikasi       : -  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar