Selasa, 12 November 2013

PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI KOTA PURBALINGGA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokwerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Iimiah, Juli 2013

Abstrak 
Desi Utaminingsih ( desi.utaminingsih@yahoo.co.id )
STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA  PETUGAS KEBERSIHAN DI KOTA PURBALINGGA TAHUN 2013 
XV+ 96halaman: tabel, gambar, lampiran 

Studi Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petugas Kebersihan di Kota Purbalingga Tahun 2013. Penggunaan alat pelindung diri merupakan salah satu cara mengendalikan bahaya di lingkungan kerja, terutama bagi petugas kebersihan kota Purbalingga .

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan alat pelindung diri, alasan pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri, prilaku petugas , kesesuaian alat pelindung diri, bahaya dan resiko yang terjadi , dan pengawasan terhadap penggunaan alat pelindung diri.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif  yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan penggunaan alat pelindung diri pada petugas kebersihan kota Purbalingga. Subyek penelitian ini adalah pekerja  sebanyak 104 orang. Cara pengumpulan datanya yaitu wawancara dengan menggunakan kuesioner dan checklist. Hasil Jumlah alat pelindung diri masker, sarung tangan, pelindung kepala, sepatu, baju kerja sudah sesuai dengan  jumlah petugas , penggunaannya belum 100 % digunakan. Jenis bahaya  yaitu polusi udara dan kendaraan bermotor, jenis resiko  batuk, sesak nafas, tertabrak kendaraan bermotor, terjatuh dan terpeleset . Pengawasan  dilakukan setiap hari oleh mandor. Alasan  petugas tidak mengunakan APD yaitu tidak membutuhkan APD, mengganggu aktivitas kerja, tidak nyaman. Prilaku petugas menggunakan APD lengkap, menggunakan APD tidak lengkap, dan sama sekali tidak menggunakan APD.
Kesimpulan jumlah APD dengan jumlah petugas sudah
sesuai. Penggunaannya belum 100% digunakan. Jenis bahaya  yaitu polusi udara  dari asap kendaraan dan kendaraan bermotor, jenis resiko  batuk, sesak nafas, tertabrak kendaraan bermotor, terjatuh dan terpeleset. Pengawasan terhadap APD dilakukan setiap hari oleh mandor.Disarankan kepada pengelola untuk melakukan penyuluhan terhadap penggunaan APD, resiko  dan bahaya yang terjadi, dan dilakukan pengawasan terhadap petugas kebersihan.

Daftar bacaan :
Kata kunci      : Penggunaan Alat Pelindung Diri
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar