Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Farah Tifani
STUDI HYGIENE SANITASI MAKANAN INDUSTRI SOHUN PT. NAGA SAKTI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS
xvi + 75 halaman : gambar, tabel, lampiran     

Sohun merupakan makanan sejenis mi yang biasanya digunakan dalam campuran pembuatan bakso atau soto serta makanan lainnya. Makanan ini sangat digemari orang Indonesia. Sanitasi di industri sohun PT. Naga Sakti tempat pengolahan masih kurang baik. Selain itu juga personal hygiene penjamah kurang baik dan pembuatan sohun diduga menggunakan kaporit sebagai pemutih tepung (pati). Lazimnya kaporit berfungsi sebagai desinfektan untuk air. 
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hygiene sanitasi  pembuatan sohun pada Industri Sohun PT. Naga Sakti, Mengetahui penerapan enam prinsip hygiene pembuatan sohun, Untuk mengetahui penambahan zat kaporit pada pembuatan sohun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dengan cara melakukan penelitian di laboratorium untuk mengetahui kadar kaporit pada sohun
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa personal hygiene penjamah kurang memenuhi syarat, secara umum pengelolaan sohun sudah memenuhi syarat tetapi pada sohun masih terdapat sisa kaporit, sehingga kualitas makanan secara kimia tidak memenuhi syarat.
Kesimpulannya secara umum pengelolaan sohun sudah memenuhi syarat tetapi personal hygiene penjamah belum memenuhi syarat dan masih terdapat sisa kaporit pada sohun.  Penulis menyarankan agar personal hygiene penjamah diperbaiki dan dalam pembuatan sohun jangan menggunakan kaporit sebagai pemutih tetapi menggunakan bahan pemutih yang diperbolehkan menurut SNI 01-0222-1995 bahan pemutih yang diperbolehkan  antara lain Asam Akorbat, Azodikarbonamida dan Kalsium Stearoil-2-laktilat.

Daftar bacaan  : 17 (1998 - 2012)
Kata kunci      : HSMM
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar