Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013
 
Abstrak  
Muarifah Handayani (muajeieg@yahoo.co.id)
STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH RSUD Prof. Dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2013
XVI + 93 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Penyediaan air bersih di rumah sakit merupakan bagian dari kegiatan sanitasi di rumah sakit. Air bersih mempunyai peranan penting dalam upaya pencegahan penyakit dan kejadian infeksi di rumah sakit. 
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyediaan Air Bersih di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Penelitian dilaksanakan dengan mendiskripsikan sarana air bersih, kualitas air bersih, kuantitas air bersih. 
Metode yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada petugas Instalasi Penyehatan Lingkungan (IPL), melakukan pemeriksaan laboratorium kualitas air
bersih di Laboratorium RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat Purwokerto, melakukan perhitungan kuantitas air bersih RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Hasil penelitian mengenai sarana air bersih memperlihatkan bahwa sarana air bersih terdiri dari, air bawah tanah atau deep well, air PDAM, unit pengolahan air bawah tanah (aerator, desinfektan, bak sedimentasi, filter, reservoar) serta unit distribusi (pompa tekan dan perpipaan). Hasil pemeriksaan kualitas dengan tiga titik, berturut-turut air bawah tanah atau deep well, air PDAM, dan air perpipaan didapatkan hasil pemeriksaan bau dan rasa yaitu tidak berbau dan tidak berasa, suhu 29ºC; 30ºC; 30ºC, kadar Fe 0,673 mg/; 0,456 mg/l; 0,307 mg/l, pH 7, MPN coli 0 per 100ml; 0 per 100 ml; 2 per 100 ml. Kuantitas air bersih dengan jumlah rata-rata pengunjung bulan Mei 2013, 542 orang didapatkan hasil perhitungan kebutuhan air bersih 565 liter/tt/hari.
Simpulan dari penelitian ini, sarana air bersih terdiri dari air bawah tanah atau deep well, air PDAM, unit pengolahan air bawah tanah, dan unit distribusi. Kualitas air bersih yang diperiksa meliputi parameter fisik (bau, rasa, suhu), kimia (kadar Fe dan pH), mikrobiologi (MPN coli). Seluruhnya memenuhi peryaratan. Kuantitas air bersih yang disediakan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebanyak 390.400 liter dengan Bed Occupancy Rate (BOR) sebesar 89% mampu mencukupi kebutuhan air bersih pasien rawat inap. Disarankan untuk meningkatan penyediaan air bersih yaitu pemeliharaan sarana air bersih dan penggunaan air bersih seefisien mungkin. 

Daftar bacaan : 22 (1996-2012)
Kata kunci      : Penyediaan Air Bersih di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo    Purwokerto
Klasifikasi       : - 
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar