Senin, 11 November 2013

HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT UMUM

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak

Era Elriani Cahyono (Eraelriani@yahoo.co.id)
STUDI HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT UMUM NIRMALA PURBALINGGA TAHUN 2013
xvi + 95 halaman: tabel, gambar, lampiran 

Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. RSU Nirmala Purbalingga, dengan kapasitas tempat tidur perawatan 101 buah, sanitasi pengelolaan makanan untuk pasien sangat penting supaya terhindar dari infeksi penyakit yang ditularkan makanan.
Tujuan Penelitian untuk mengetahui hygiene sanitasi pengelolaan makanan di RSU Nirmala Purbalingga dengan enam prinsip hygiene sanitasi makanan antara lain pengamanan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan jadi serta penyajian makanan
Metode penelitian yang peneliti buat yaitu dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Sedangkan cara pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, pemeriksaan kualitas mikrobiologi dan usap alat makan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari enam prinsip hygiene sanitasi pengelolaan makanan yaitu, pengamanan bahan makanan sebesar  89,7%, penyimpanan bahan makanan sebesar 90,4%, pengolahan makanan sebesar 87,2%, pengangkutan makanan sebesar 90%, penyimpanan makanan jadi sebesar 88%, serta penyajian makanan sebesar 92%.
Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan makanan di Rumah Sakit Umum Nirmala Purbalingga sudah memenuhi syarat, namun perlu ditingkatkan lagi untuk kebersihan alat makan, ventilasi pada dapur sebaiknya menggunakan cross ventilation. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam pengelolaan makanan hendaknya mengacu pada aspek hygiene sanitasi makanan serta pentingnya memelihara dan memperbaiki sanitasi yang sudah ada untuk menjadi perbaikan. 

Daftar bacaan : 16 (1998 – 2009)
Kata Kunci      : Sanitasi Makanan dan Minuman
Klasifikasi        : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar