Senin, 11 November 2013

PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak
Andrian Ahmad Hidayat  ( Hidayatandrian87@yahoo.com ) 
STUDI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGIAN PRODUKSI PT. DHARMAPALA USAHA SUKSES CILACAP TAHUN 2013
XV + 90 halaman : gambar, tabel, lampiran

Masalah tenaga kerja dalam industri tidak lepas dari masalah keselamatan dan kesehatan kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja dalam industri harus dilindungi dari bahaya akibat kerja melalui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan penelitian adalah Mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian produksi  PT. Dharmapala Usaha Sukses.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pekerja bagian produksi yang berjumlah 108 orang. Data didapatkan dengan melakukan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan Upaya Kesehatan Kerja adalah adanya Klinik Kesehatan, Kotak P3K, Asuransi Kecelakaan Kerja. Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja dengan Bimbingan Kerja, Pelatihan dan Penyuluhan K3, Petunjuk K3. Pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dilakukan pengawasan untuk menjamin bahwa setiap pekerjaan dilaksanakan dengan aman dan mengikuti setiap prosedur-prosedur petunjuk kerja yang telah ditentukan. Penerapan Pemakaian Alat Pelindung Diri yaitu Ketersediaan APD, Pemakaian APD, Penyuluhan Tentang Penggunaan APD. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yaitu dengan Melakukan pengecekan terhadap peralatan yang sifatnya berbahaya pada setiap saat, Imusing safety rule dan Good house keeping.
Kesimpulan penelitian adalah Upaya Kesehatan, Upaya pencegahan kecelakaan kerja, Pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penerapan penggunaan APD. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dilakukan oleh PT. Dharmapala Usaha Sukses untuk pekerjanya. Disarankan sebaiknya perusahaan menyediakan petugas P3K, diberikan tindakan bagi pekerja yang tidak menggunakan APD.

Daftar bacaan : 19  ( 1994 – 2010 )
Kata Kunci     : Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar