Senin, 11 November 2013

SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN PADA JASA BOGA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013


Abstrak 
Umi Kurniawati (umikurniawati@yahoo.co.id)
STUDI HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN PADA JASA BOGA DI KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
XV + 81 halaman: gambar, tabel, lampiran  

Jasa boga sebgai salah satu tempat pengelolaan makanan merupakan tempat yang potensial sebagai sarana penular penyakit bila makanan tidak dikelola dengan baik.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hygiene sanitasi pengelolaan makanan pada jasa boga di Kecamatan Purwokerto Selatan dengan enam prinsip hygiene sanitasi makanan antara lain pengamanan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan jadi serta penyajian makanan.
Metode penelitian yang peneliti buat yaitu dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Sedangkan cara pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, pemeriksaan kualitas fisik dan mikrobiologi makanan jadi, dan usap alat.
Hasil penelitian yang di peroleh dari enam prinsip hygiene sanitasi pengelolaan makanan pada jasa boga di Kecamatan Purwokerto Selatan yaitu, pengamanan bahan makanan dengan rata-rata prosentase 90,4%,  penyimpanan bahan makanan dengan rata-rata prosentase 70%, pengolahan makanan dengan rata-rata prosentase 81,2, pengangkutan makanan dengan rata-rata prosentase 64,2%, serta penyimpanan makanan jadi dengan rata-rata prosentase 88,8%
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan makanan pada jasa boga di Kecamatan Purwkerto Selatan sudah memenuhi syarat dengan rata-rata prosentase 64,9%, namun perlu ditingkatkan lagi untuk kebersihan alat makan. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam pengelolaan makanan hendaknya mengacu pada aspek hygiene sanitasai pengelolaan makanan.
 
Daftar Bacaan : 11 ( 1992 – 2012)
Kata Kunci      : Hygiene Sanitasi Pengelolaan Makanan 
Klasifikasi       : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar