Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Karya
Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Arifin Dwi Rahardjo  ( Arifindwi@rocketmail.com )
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH  KRT. SETJONEGORO WONOSOBO TAHUN 2013
XVII + 83 halaman : gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit sebagai fasilitas sosial yang langsung berhubungan dengan masyarakat, dan keberadaannya sangat diharapkan oleh masyarakat agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya adalah RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo merupakan rumah sakit milik pemerintah kabupaten Wonosobo dan merupakan salah satu rumah sakit yang menghasilkan sampah medis dari setiap kegiatan medis didalam rumah sakit.
Tujuan peneliti untuk mengetahui gambaran pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan tentang pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo. Subyek penelitiannya adalah sistem pengelolaan sampah medis yang ada di RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo.
Hasil penelitian rata-rata volume sampah medis RSUD KRT Setjonegoro per harinya adalah 449,2 liter/hari dengan rata-rata berat sampah medis per harinya adalah 55 kg/hari, lingkup kegiatan pengelolaan sampah medis tersebut masih ada yang belum sesuai dengan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan yang belum sesuai adalah tempat sampah medis dan gerobak pengangkut sampah medis tidak rutin dilakukan pencucian dan pemberian desinfektan, Tempat pengumpulan Sementara belum mencukupi dan tidak dibersihkan setiap hari. Faktor pengelolaan sampah medis meliputi struktur organisasi, tenaga/ pengelola sampah medis, sarana, dana, perencanaan dan peraturan.
Simpulan penelitian ini adalah penilaian pelaksanaan pengelolaan sampah medis di RSUD KRT. Setjonegoro termasuk dalam kriteria baik  ( 77,55% ) . Peneliti menyarankan semua kegiatan pengelolaan sampah medis yang masih kurang perlu untuk di perbaiki dan tenaga/ pengelola mengikuti pelatihan tentang sampah medis pada institusi yang berkompeten.

Daftar bacaan : 21  ( 1945-2012 )
Kata Kunci     : pengelolaan, sampah medis, rumah sakit
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar