Selasa, 12 November 2013

Pemakaian Rancangan Rangka Jilbab (Ciput) Ergonomis Terhadap Kenyamanan Penggunaannya Pada Mahasiswa

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

ABTRAKS
Umi Ambarwati ( umi_ambarwati@yahoo.co.id)
Pengaruh Pemakaian Rancangan Rangka Jilbab (Ciput) Ergonomis Terhadap Kenyamanan Penggunaannya Pada Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Tahun 2013.
 xv + 110 halaman, tabel, gambar, lampiran.

Perempuan indonesia sebagian besar bekerja menggunakan jilbab (ciput). Keluhan yang dirasakan terasa panas pada kepala bagian atas, terjadi penumpukan keringat pada kepala yang mengakibatkan frekuensi cuci rambut lebih sering, merasa tidak nyaman jika jilbab (ciput) terlalu lama dipakai selain itu pemakaian menjadi tidak nyaman beraktivitas yang berarti produktivitas terganggu.
Metode penelitian yang peneliti buat yaitu menggunakan 4 variabel diantaranya adalah variabel bebas dalam hal ini adalah kenyamanan pemakaian ciput, Variabel terikat dalam hal ini adalah kenyamanan pengguna, Variabel terikat dalam hal ini adalah lama penggunaan dan lokasi pekerjaan, dan Variabel terikat dalam hal ini adalah suhu.
Hasil dari penelitian kali ini adalah kerangka kerudung yang peneliti buat ada pengaruh pemakaian kerangka kerudung.
Kesimpulan hasil analisis menggunakan program SPSS dengan uji paired t-test diperoleh hasil hitung 0,001 < α 0,05 berarti hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh pemakaian kerangka kerudung ergonomis terhadap kenyamanan pengguna. Saran yang dibuat peneliti Kepada peneliti perlu dilakukan penelitian lanjut pemakaian rangka kerudung diluar gedung, masih banyak diperlukan perbaikan dalam penelitian

Daftar bacaan : 7 (1992-2013)
Kata kunci      : Ergonomi 
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar