Selasa, 12 November 2013

IDENTIFIKASI SUMBER BAHAYA, PENILAIAN RISIKO DAN PENGENDALIAN RISIKO

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Sa’bani Ardi Widodo  ( sabani.ardiwidodo@yahoo.com )
IDENTIFIKASI SUMBER BAHAYA, PENILAIAN RISIKO DAN PENGENDALIAN RISIKO DI PT. ROYAL KORINDAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2013
xvi + 76 halaman : gambar, tabel, lampiran

PT. Royal Korindah merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bulu mata palsu yang dalam kegiatan operasionalnya terdapat sumber bahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sumber bahaya, mendeskripsikan penilaian risiko dan mendeskripsikan pengendalian risiko di PT. Royal Korindah Kabupaten Purbalingga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelusuran dokumen. Data disajikan dalam bentuk narasi terstruktur dan tabel. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil observasi atau fakta yang ada dengan teori-teori yang relevan dan peraturan-peraturan yang ada.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sumber bahaya yang ada berasal dari alat, bahan, cara kerja dan proses produksi, penilaian risiko tinggi apabila nilai risikonya 13-25 adalah terpotong, risiko sedang apabila nilai risikonya 5-12 adalah terpapar panas, terluka bakar, terjepit mesin, terkena bahan kimia, terpapar uap, risiko rendah apabila nilai risikonya 1-4 adalah terkena gunting, tertusuk, kelelahan, terkena jarum. Upaya pengendalian risiko yang diterapkan adalah pengendalian teknis/ engineering, administrasi dan APD.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sumber bahaya yang ada berasal dari alat, bahan, cara kerja, proses produksi, terdapat tiga  ( 3 )  risiko yaitu tinggi, sedang, rendah. Upaya pengendalian risiko yang sudah diterapkan di PT. Royal Korindah adalah pengendalian teknis/ engineering, administrasi dan APD. Saran bagi perusahaan yaitu agar lebih tegas dalam mewajibkan pekerja untuk menggunakan APD, dilakukan tindakan pengawasan penggunaan APD pada pekerja, memberikan pemahaman dan pengarahan terhadap pekerja tentang sumber bahaya yang ada di tempat kerja dan cara pengendaliannya.

Daftar bacaan : 12  ( 1997-2013 )
Kata kunci      : Identifikasi sumber bahaya, penilaian risiko, pengendalian risiko
Klasifikasi      :-
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar