Senin, 11 November 2013

KUALITAS BAKTERIOLOGIS DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, 27 Juni 2013

 ABSTRAK

Herwanti 
STUDI KUALITAS BAKTERIOLOGIS DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
XIII + 54 halaman: gambar, tabel, lampiran  

Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) merupakan tempat penyediaan air minum isi ulang yang dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat. Kualitas air minum banyak yang belum memenuhi standar kesehatan. Sehingga masyarakat belum terlindungi kesehatannya akibat mengonsumsi air minum dari jasa DAMIU. DAMIU adalah usaha industri yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum dan menjual langsung kepada konsumen. Apabila proses pengolahan air minum isi ulang kurang memenuhi persyaratan kesehatan maka akan berdampak pada kesehatan konsumen.
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan proses pengolahan dan mengetahui kualitas bakteriologis Coliform pada air minum DAMIU di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 2013.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui kualitas bakteri Coliform pada air minum DAMIU di Wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Terdapat 5 DAMIU (25%) air bakunya bersumber Sumur Gali, 15 DAMIU (75%) bersumber dari PDAM. Berdasarkan jenis pengolahannya, terdapat 2 DAMIU (10%) dengan system Reverse Osmosis dan 18 DAMIU (90%) menggunakan system Ultra Violet dan OZON.
Berdasarkan hasil yang didapat menunjukan bahwa dari 5 DAMIU yang air bakunya berasal dari sumur gali, 1 diantaranya kualitas bakteriologisnya tidak memenuhi syarat, sedangkan dari 15 DAMIU yang air bakunya berasal dari PDAM 3 diantaranya tidak memenuhi syarat kualitas bakteriologis karena masih ada kandungan Coliform di dalam air minum tersebut.  DAMIU yang ada di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Selatan berjumlah 20 DAMIU dan 1 diantaranya belum mempunyai ijin dari Dinas Kesehatan . Maka dari itu perlu adanya peningkatan pengawasan dan pembinaan dari Dinas Kesehatan kepada pengusaha tentang kegiatan pengolahan air minum pada DAMIU supaya perlindungan terhadap kesehatan konsumen DAMIU lebih terjamin. 

Daftar bacaan :  16 (1990  2012)
Kata kunci      :  KualitasBakteri Coliform pada Air Minum Isi Ulang (DAMIU)
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar